Partisipasi Masyarakat Sanggau untuk Booster Menurun – Kalimantan Today


Vaksinasi/ilustrasi

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Progres vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster di Kabupaten Sanggau berjalan lambat. Berbeda saat pelaksanaan vaksinasi primer, masyarakat begitu antusias datang untuk divaksin.

Vaksin primer merupakan vaksinasi dosis utama untuk memberikan imunitas atau kekebalan seseorang terhadap Covid-19 dalam jangka waktu tertentu. Vaksin ini diberikan secara homolog atau menggunakan jenis vaksin yang sama untuk dosis pertama dan kedua.

Sementara vaksin dosis ketiga merupakan vaksinasi lanjutan setelah seseorang menerima vaksin primer dosis lengkap. Tujuannya untuk mempertahankan tingkat kekebalan dan memperpanjang masa perlindungan. Vaksinasi ini diberikan secara homolog ataupun heterolog yang berarti jenis vaksin yang diberikan berbeda dengan dosis pertama dan kedua.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Sarimin Sitepu mengatakan, saat ini sebanyak 34.660 orang di Kabupaten Sanggau telah mendapat vaksinasi dosis ketiga atau sebesar 8,70 persen dari total 300.000 sasaran vaksinasi dosis ketiga.

“Rinciannya 1.854 tenaga kesehatan, 5.026 petugas publik, 1.928 lansia dan 25.852 masyarakat rentan dan umum. Dan memang partisipasi masyarakat untuk dosis ketiga mulai menurun,” katanya, Kamis (12/5/2022).

Padahal, Sarimin bilang, semua fasilitas pelayanan kesehatan melaksanakan vaksinasi dosis ketiga dan digelar setiap hari sesuai jadwal di Puskesmas. “Sama dengan dengan vaksin satu dan dan dua, semua dilibatkan (dalam percepatan vaksinasi dosis ketiga), termasuk dari TNI dan Polri,” ujarnya.

Pihaknya, Sarimin menyatakan, tetap mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi dosis ketiga pada setiap kesempatan secara berjenjang. Karena, vaksinasi dosis ketiga atau booster sangat penting diberikan kepada masyarakat.

“Tujuan vaksin booster ini untuk mempertahankan tingkat kekebalan tubuh, memperkuat antibodi yang sudah terbangun dan memperpanjang masa perlindungan dari virus. Jadi kita minta masyarakat mau untuk divaksin booster atau dosis ketiga,” imbuhnya.

Sedangkan capaian vaksinasi primer, Sarimin mengungkapkan, sudah di atas 70 persen. “Saat ini sebanyak 314.647 orang atau 79 persen masyarakat Sanggau telah divaksin dosis pertama dan 281.586 orang atau 70,7 persen telah divaksin dosis kedua,” pungkasnya. (Ram)