Untan Pontianak siap jadi tuan rumah KKN Kebangsaan di Kalbar

Untan Pontianak siap jadi tuan rumah KKN Kebangsaan di Kalbar



Pontianak (ANTARA) – Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Kerja Kuliah Nyata (KKN) Kebangsaan 2023 mendatang di Kalbar dan saat ini tengah melakukan persiapan untuk itu.

“Untan Pontianak saat ini menjadi satu di antara kandidat perguruan tinggi di Indonesia yang menjadi tuan rumah. Kami menyambut baik KKN Kebangsaan ini. Tentu agar terpilih kami sendiri sudah menyatakan siap dan mempersiapkannya akan hal itu, ” ujar Rektor Untan Pontianak, Prof. Garuda Wiko di Pontianak, Selasa.

Ia optimis Untan Pontianak terpilih lantaran dalam hal pelaksanaan sudah berpengalaman karena pernah menjadi tuan rumah dan sukses digelar. Kemudian dari sisi wilayah, Kalbar memiliki daerah perbatasan dan hal itu tentu menjadi hal yang menarik dan sesuai dengan kegiatan KKN tersebut.

“Kemudian dari sisi infrastruktur dan sumber daya manusia untuk tuan rumah KKN kita juga mendukung. Intinya kami siap mendukung program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI ini,” jelas dia.

Menurutnya, apabila Untan Pontianak terpilih menjadi tuan rumah maka bisa mengenalkan universitas kebanggaan Kalbar ini dan daerah. Kemudian bisa memberikan kontribusi besar kepada masyarakat di daerah perbatasan di Kalbar.

“Sasaran dari usulan kami untuk pelaksanaan KKN Kebangsaan yakni di Kabupaten Sambas, Bengkayang dan Sanggau. Berdasarkan kegiatan tahunan lebih dari 100 perguruan tinggi yang terlibat dan mengutus 10 mahasiswa terbaiknya. Ini tentu menjadi kegiatan strategis bagi Untan Pontianak, daerah dan masyarakat itu sendiri,” jelasnya.

Terkait potret mahasiswa aktif di Untan Pontianak saat ini sudah mencapai 36.000 yang tersebar di 96 program studi atau 9 fakultas. Untuk peringkat mahasiswa Untan Pontianak berdasarkan dari SIMKATMAWA pada 2022 ini berada di 20 besar dari semua perguruan tinggi di Indonesia.

“Peringkat yang ada ini meningkat signifikan sejalan dengan prestasi dan kegiatan mahasiswa Untan Pontianak itu sendiri. Sebelumnya 2020 posisi hanya di 408 dan kemudian 2021 ke-63,” katanya.