Pemkab Kapuas Hulu gencarkan vaksinasi booster

Pemkab Kapuas Hulu gencarkan vaksinasi booster



Kapuas Hulu (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat,  meminta seluruh jajaran di wilayah tersebut gencar melaksanakan vaksinasi dosis tiga, mulai tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa.

“Manfaat vaksin sudah terbukti, saat ini tidak ada lagi kasus COVID-19 setelah libur Lebaran, jadi genjot lagi vaksinasi ke tiga,” kata Bupati Fransiskus Diaan, di Putussibau Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Fransiskus, dirinya sempat merasa khawatir ada kasus COVID-19 setelah libur Idul Fitri, namun ternyata hingga saat ini belum ada kasus baru.

Baca juga: Sekda Kalbar ajak masyarakat segera vaksin booster jelang mudik

Menurut dia, vaksinasi dosis satu dan dua cukup berhasil, bahkan terbukti masyarakat memiliki kekebalan dan daya tahan tubuh yang cukup kuat.

Oleh sebab itu, katanya, perlu terus disosialisasikan kepada masyarakat manfaat dari vaksin agar tidak lagi masyarakat yang tidak mau divaksinasi, terkecuali ada penyakit bawaan yang tidak dianjurkan untuk disuntik vaksin oleh petugas kesehatan.

“Awal pelaksanaan vaksinasi dulu, sempat beredar informasi bohong (hoaks), sehingga banyak masyarakat takut disuntik vaksin, itu harus terus kita sosialisasikan karena terbukti karena vaksin tidak ada kasus baru COVID-19 di Kapuas Hulu,” ujarnya.

Dia mengakui saat ini masyarakat tidak lagi terlalu takut dengan COVID-19. Artinya sudah ada kelonggaran karena memang masyarakat sudah menjalani vaksinasi.

Baca juga: Peralihan pandemi ke endemi dibahas setelah lebaran

Meski pun demikian, Fransiskus mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan serta menerapkan pola hidup sehat, tidak hanya menghindari COVID-19, tetapi juga untuk menghindari penyakit-penyakit lainnya.

“Memang perlu kesadaran kita bersama hingga lapisan masyarakat menerapkan pola hidup sehat demi kebaikan dan kesehatan bersama,” kata dia.

Dia berharap masyarakat Kapuas Hulu terus bersama pemerintah menanggulangi pandemi COVID-19 dengan cara vaksinasi.

“Sekali lagi saya ingatkan, jangan pernah takut untuk disuntik vaksin, bagi yang sudah vaksin dosis dua lanjut lagi vaksin dosis tiga. Vaksin benar-benar bermanfaat untuk menanggulangi COVID-19, aman dan halal, jadi jangan ragu,” kata Fransiskus Diaan.

Baca juga: Mudik diperbolehkan asal sudah divaksin lengkap dan booster
Baca juga: Forkopimcam Muara Pawan laksanakan vaksinasi COVID-19 saat hari libur