Kabupaten Landak bangun RS Pratama di Mempawah Hulu



Pontianak (ANTARA) – Bupati Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Karolin Margret Natasa mengatakan pihaknya sedang melakukan pembangunan Rumah Sakit Pratama Kabupaten Landak yang berlokasi di Desa Tunang, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak.

“Pembangunan rumah sakit kelas D, Pratama tersebut akan menjadi rumah sakit kedua di Kabupaten Landak selain dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Landak yang berada di Kota Ngabang,” kata Karolin di Ngabang, Selasa.

Pembangunan RSUD Pratama tersebut, katanya, bertujuan agar semakin mendekatkan layanan kesehatan untuk masyarakat, karena rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Baca juga: Karolin ajak masyarakat cegah hepatitis akut dengan PHBS

“Oleh karena itu nanti di sini berdiri rumah sakit setingkat di atas Puskesmas tetapi masih di bawah RSUD Landak. Jadi jika ada penyakit ringan yang memerlukan rawat inap atau melahirkan dengan sedikit komplikasi tidak perlu lagi untuk pergi ke Ngabang,” tuturnya.

Karolin berharap dengan adanya Rumah Sakit Pratama tersebut dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih dekat kepada masyarakat yang berada di wilayah yang jauh dari ibu kota Kabupaten seperti Kecamatan Mempawah Hulu, Banyuke Hulu, Menjalin, maupun Sompak dan Sebangki.

“Harapan saya mudah-mudahan dengan di bangunnya rumah sakit ini masyarakat bisa lebih dekat, sehingga bisa lebih cepat untuk mengetahui masalah-masalah kesehatan dan melakukan pengobatan di tempat ini,” katanya.

Dia menyarankan agar masyarakat yang memiliki keluhan sakit agar segera berobat dan tidak menunggu sampai sudah parah baru berobat.

Baca juga: Pemkab – Polres Landak gelar bazar sembako murah

“Lebih cepat diobati lebih baik sehingga kesempatan, peluang untuk sembuh itu bisa lebih tinggi, sehingga harapan Saya supaya orang landak itu panjang umur bisa terwujud,” kata Karolin.

Karolin menambahkan, selama lima tahun menjabat sebagai Bupati, dirinya berusaha memberikan akses layanan publik yang dekat, cepat dan murah termasuk di bidang kesehatan yakni di bangunnya Rumah Sakit Pratama ini.

Pembangunan Rumah Sakit kelas D Pratama melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Sub Bidang Penguatan Sistem Kesehatan dengan total biaya pembangunan Rp30 milyar selama satu tahun pengerjaan.

“Konsep ini kami gunakan bukan hanya di bidang kesehatan, di semua bidang pelayanan publik kami berusaha mendekatkan, memudahkan dan membuat murah pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Landak. Itulah hal mendasar yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Landak di bawah kepemimpinan kami selama 5 tahun,” katanya.

Baca juga: Pemkab Landak ajak semua pihak turunkan angka stunting
Baca juga: Kabupaten Landak serahkan LKPD anggaran 2021 kepada BPK RI