Kabupaten Ketapang usulkan sejumlah proyek daerah jadi PSN

Kabupaten Ketapang usulkan sejumlah proyek daerah jadi PSN



Ketapang (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang, Kalimantan Barat, mengusulkan sejumlah proyek pembangunan di daerah tersebut menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN), kata Bupati Martin Rantan di Ketapang, Senin.

Sejumlah proyek pembangunan tersebut antara lain Food Estate Ketapang, kawasan cepat tumbuh Kuala Tolak-Kuala Satong, relokasi Bandara Rahadi Oesman, dan pembangunan Pelabuhan Peti Kemas Ketapang.

Food Estate dan beberapa proyek strategis daerah akan memberikan daya ungkit untuk pertumbuhan ekonomi di Ketapang,” kata Martin di Ketapang, Senin.

Dia mengatakan usulan tersebut telah disampaikan langsung kepada Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto beberapa waktu lalu. Dalam penyampaian usulan tersebut di Jakarta, Martin turut didampingi oleh Pangdam XII/Tanjungpura dan Dandim 1203/Ketapang.

Dalam pertemuan dengan Airlangga tersebut, Martin mengatakan pihaknya melakukan pemaparan terhadap rencana pembangunan sejumlah proyek tersebut di hadapan Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (Deputi VI) Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo.

“Saya sudah ekspos beberapa proyek strategis di Ketapang yang kami usulkan tersebut, dengan harapan sejumlah proyek tersebut menjadi proyek strategis nasional,” ujarnya.

Dengan menjadikan proyek daerah sebagai PSN tersebut, dia berharap roda pembangunan di Ketapang untuk percepatan pertumbuhan ekonomi setempat dapat segera terwujud.