Arus balik lebaran Singkawang-Pontianak terpantau lancar

Arus balik lebaran Singkawang-Pontianak terpantau lancar



Pontianak (ANTARA) – Arus balik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah jalur Singkawang-Pontianak saat ini masih terpantau ramai dan lancar, tidak ada titik kemacetan panjang di jalur pantai utara Kalimantan Barat.

“Hari ini sepanjang jalan Sungai Duri sampai Pontianak yang saya lintasi terlihat ramai tapi tidak sampai terjadi kemacetan panjang,” kata salah seorang pemudik, Rusdi di Pontianak, Sabtu.

Dia menjelaskan, terdapat beberapa titik yang membuat perjalanan sedikit terhambat namun tidak sampai terjadi kemacetan total, seperti di penyeberangan Feri Siantan dan di Jembatan Kapuas I.

Menurutnya, salah satu penyebab jalan raya belum dipadati oleh pemudik adalah karena turun hujan di sepanjang jalan mulai dari Sungai Pinyuh sampai Pontianak.

Dia memprediksi kemungkinan puncak pemudik memadati jalan raya dalam arus mudik lebaran ada pada hari Minggu nanti karena merupakan hari terakhir libur Idul Fitri.

“Kemungkinan besok merupakan puncak keramaian di jalan oleh pemudik karena hari Senin rata-rata orang sudah mulai masuk kerja, kuliah, dan sekolah,” pungkasnya.

Dia menyarankan kepada masyarakat untuk menghindari kemacetan bagi yang ingin melakukan perjalanan agar turun dari waktu subuh hingga pagi hari.

“Kalau ingin melakukan perjalanan itu bisa turun pada waktu subuh sampai pagi karena pada waktu itu aktivitas masyarakat tidak terlalu banyak sehingga terhindar dari macet,” demikian Rusdi.