SAR siagakan kapal penyelamat di tempat wisata di Kalbar

SAR siagakan kapal penyelamat di tempat wisata di Kalbar



Pontianak (ANTARA) – Kepala Kantor Search and Rescue (SAR) atau Pencarian dan Pertolongan Pontianak, Kalbar, Yopi Haryadi mengatakan, pihaknya menyiagakan kapal penyelamat atau “Rescue Boat” pada tempat-tempat wisata yang ada di Kalbar sepanjang Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Menyikapi banyaknya warga yang memadati kawasan pesisir pantai sehingga dapat menimbulkan ancaman keselamatan bagi pengunjung khususnya bagian utara Kalimantan Barat, maka kami menyiagakan Rescue Boat,” kata Yopi Haryadi dalam keterangan tertulisnya di Pontianak, Jumat.

Dia menjelaskan, disiagakannya Rescue Boat 214 itu, khusus pengamanan Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah hingga 8 Mei 2022.

“Patroli pergerakan kapal penyelamat itu mulai dari Dermaga Sungai Durian menuju Pelabuhan Dwikora Pontianak kemudian dilanjutkan menuju perairan Pulau Lemukutan, Bengkayang,” ujarnya.

Dia menambahkan, kapal penyelamat melakukan patroli dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan mengantisipasi ancaman disejumlah perairan kepulauan dan pesisir pantai Kota singkawang dan Kabupaten Bengkayang.

Yopi menambahkan selain mengerahkan kapal penyelamat, pihaknya juga menurunkan personel darat yang berpatroli di lokasi-lokasi wisata bahari di kawasan pantai di Singkawang dan Bengkayang.

Dalam kesempatan itu, dia mengimbau kepada warga yang berada di lokasi keramaian untuk selalu mengutamakan keselamatan pribadi maupun orang lain yang ada di sekitarnya.

“Mengingat ramainya jumlah pengunjung yang berada di lokasi wisata tidak jarang dapat membuat kurangnya pengawasan terhadap mereka dan orang lain,” katanya.