[DISINFORMASI] Artikel Merdeka.com Berjudul “Ma’ruf : Jokowi Punya Mukjizat Bisa Bicara dengan Binatang Seperti Nabi Sulaiman” – 02/05/2022

Penjelasan :

Telah beredar di media sosial Facebook sebuah unggahan video dan tangkapan layar artikel dari merdeka.com dengan narasi bahwa Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki mukjizat karena bisa berbicara dengan binatang seperti Nabi Sulaiman.

 

Faktanya, klaim bahwa Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebut Presiden Jokowi memiliki mukjizat karena bisa berbicara dengan binatang seperti Nabi Sulaiman adalah tidak benar. Klaim ini merupakan hoaks yang kembali beredar di tengah masyarakat. Melalui situsnya, merdeka.com menegaskan bahwa portal berita tersebut tidak pernah membuat atau menayangkan berita sebagaimana seperti tangkapan layar yang beredar. Berdasarkan hasil penelusuran merdeka.com, ditemukan foto identik seperti dalam unggahan tersebut. Salah satunya dalam artikel merdeka.com berjudul “Wakil Perdana Menteri Singapura Ucapkan Selamat Idul Fitri ke Wapres Ma’ruf Amin” yang diunggah pada 21 Mei 2020.

 

Link Counter: