Jumlah warga berkunjung ke Pantai Pulau Datok meningkat

Jumlah warga berkunjung ke Pantai Pulau Datok meningkat



Pontianak (ANTARA) – Jumlah warga yang berkunjung ke Pantai Pulau Datok, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Ada peningkatan kunjungan sekitar 30 persen untuk musim libur Lebaran Idul Fitri tahun 2022 ini,” kata Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kayong Utara, Emi Yuliana di Sukadana, Kamis.

Hari pertama musim libur hari raya tepatnya pada Selasa lalu sebanyak 61.000 orang telah berkunjung ke Pantai Pulau Datok, yakni pantai yang pernah menjadi ajang kegiatan bertarap internasional, yakni Sail Selat Karimata tahun 2016.

Menurut dia, pihaknya telah meminta bantuan pada personel Polres Kayong Utara bersama TNI, dan Pamong Praja serta Dinas Perhubungan di pintu masuk dan di lokasi pantai yang menjadi tempat favorit masyarakat saat liburan tiba tersebut.

“Kita juga telah menyiapkan Posko Vaksin yang diperuntukkan bagi warga yang belum vaksin dan ingin vaksin,” kata dia.

Pejabat Fungsional Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kayong Utara, Edi Rudiyanto menambahkan harga tiket masuk ke Pantai Pulau Datok sesuai Perda Nomor 7 tahun 2021 tentang Retribusi tempat rekreasi dan olahraga sebesar Rp10 ribu untuk sekali masuk.

“Penjagaan di pos keamanan dari Polres ada, kami hanya melakukan penarikan retribusi didampingi TNI, Pol PP dan Polri,” ujarnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat yang akan menikmati liburan Lebaran Idul Fitri tahun 2022, agar selalu menjaga kesehatan, mentaati protokol kesehatan, seperti selalu menggunakan masker, dan jaga jarak untuk kesehatan bersama.

Baca juga: KKU menyisiri dan menebang pohon di kawasan Pantai Pulai Datok

Baca juga: Pohon tua di sekitar Pantai Pulau Datok membahayakan pengunjung

Baca juga: Pengunjung padati Pantai Pulau Datok Kayong Utara saat libur