Ribuan masyarakat Ketapang ramaikan pawai akbar menyambut Idul Fitri di Ketapang

Ribuan masyarakat Ketapang ramaikan pawai akbar menyambut Idul Fitri di Ketapang



Ketapang (ANTARA) – Ribuan masyarakat ikut meramaikan pawai akbar takbir keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H di Kota Ketapang, Minggu malam. 

“Pawai akbar ini berjalan tertib, aman dan lancar,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ketapang, Akia SE M.AP. 

Ia menjelaskan pawai dilakukan oleh masyarakat menggunakan kendaraan seperti pik up, mobil pribadi dan kendaraan bermotor. Hampir sepanjang jalan yang dilintasi dikerumuni masyarakat untuk menyaksikannya. 

“Titik kumpul awal di Masjid Agung Al-Ikhlas dan takbir keliling dimulai sekira pukul 20.00 WIB dan selesai hampir pukul 24.00,” jelasnya. 

Akia memaparkan rute pawai dimulai Masjid Agung Ak-Iklas di Jalan Agus Salim. Kemudian menuju ke Jalan KH Masur, Jalan S Parman, Jalan Jend Sutoyo atau Transito. 

Selanjutnya ke Jalan Gatot Subroto, Jalan R Suprapto, Jalan MT Haryono dan Jalan Merdeka. Kemudian ke Jalan Suharso, Jalan U Sumoharjo, Jalan Jend Sudirman.

“Kemudian masuk lagi ke Jalan MT Haryono dan kembali ke Jalan Agus Salim rute akhir pawai,” tutur Akia. 

Menurut Akia, pengaman dan pengaturan jalannya pawai akbar ini dilakukan tim gabungan. Selain Dishub ada juga dari TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ketapang. 

“Khusus Dishub kita menerjunkan 30 personel yang disebar di beberapa titik lokasi pawai akbar. Kita berterimakasih kepada semua pihak termasuk masyarakat sehingga kegiatan berlangsung lancar, tertib dan aman,” ucap Akia.