Categories: RUAITV

Pawai Obor Malam Lebaran di Sanggau, Sambut Hari yang Fitri


SANGGAU, RUAI.TV – Malam Lebaran di pusat Kabupaten Sanggau, Minggu (01/05/2022) meriah dengan acara pawai obor. Masyarakat dengan obor di tangan berpartisipasi menyongsong datangnya hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Kerabat Keraton Surya Negara bersama Organisasi Melayu dan umat Muslim lainnya, memulaiu pawai obor ini dengan pelepasan di halaman istana.

Baca juga: Tanpa Festival, Meriam Karbit Tetap Semarakkan Lebaran

Mereka menyusuri sejumlah ruas jalan di pusat kota. Sebanyak 140 personel aparat keamanan melakukan pengamanan selama kegiatan ini.

Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau, Gusti Arman, mengatakan, pawai obor di malam 1 Syawal ini merupakan tradisi turun-temurun. Mereka menyebutnya sebagai “pawai keriang takbir bubor”.

Baca juga: 315 Anak Yatim Piatu di Kapuas Hulu Terima Santunan Lebaran

Dalam tradiisi ini, masyarakat Melayu dan umat Muslim Sanggau melafadzkan Asma Allah, untuk memperoleh keselamatan, keberkahan, dan hidayah dari Allah SWT.

Sebanyak 140 personel aparat keamanan memlakukan pengawalan tradisi pawai obor. Mereka terdiri dari unsur TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, dan sejumlah ormas.

Baca juga: 7 Meriam Karbit di Tambelan Sampit Sambut Lebaran

Kapolres Aanggau, AKBP Ade Kuncoro Ridwan, mengatakan, pengamanan berlangsung di titik persimpangan jalan raya dan sejumlah titik lain. Mereka menjaga arus lalu lintas agar tetap berjalan lancar.

Selain melakukan pengamanan pawai obor, aparat melakukan patroli di permukiman masyarakat. Mengantisipasi kemungkinan peristiwa kriminal saat rumah dalam keadaan kosong karena penghuninya mengikuti tradisi pawai obor. (RED)

Artikel Pawai Obor Malam Lebaran di Sanggau, Sambut Hari yang Fitri pertama kali tampil pada RUAI.TV.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Terpanggil Jaga Marwah Partai, Yance Siap Berlaga di Pilkada Sanggau – Radar Kalbar

FOTO : Timotius Yance didampingi Ketua Harian Partai Golkar, Abdul Rahim S.H dan koordinator tim pemuda, Sulaiman saat mengambil formulir pendaftaran bakal calon Wakil Bupati di Sekretariat PDI Perjuangan Kabupaten Sanggau [Sery Tayan]SANGGAU – radarkalbar.comPOLITISI…

1 hari lalu
  • Diskominfo

Buka Muscab DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Pj. Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang (Muscab) ke-3 DPC ISKA (Ikatan Sarjana Katolik) Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028, bertempat di Aula DPRD Kabupaten Sanggau. Jumat (19/4/2024). “Harapannya…

1 hari lalu
  • Diskominfo

Buka MUSCAB DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Penjabat Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SGU// SANGGAU – Pejabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang ke-3 DPC ISKA Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028 di Aula DPRD Kabupaten Sanggau, Jumat, (19/4/2024) “Harapannya adalah yang pertama agar pengurus…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

3 hari lalu