Semarak Festival Pawai sambut Idul Fitri di Kayong Utara

Semarak Festival Pawai sambut Idul Fitri di Kayong Utara



Kayong Utara (ANTARA) – Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kayong Utara (KKU) dan Pengurus Masjid Oesman Al-Khair mengadakan “Festival Pawai Takbir Keliling” Se – Kabupaten Kayong Utara pada hari Minggu, 1 Mei 2022. 

Pendaftaran dilakukan di Masjid Oesman Al-Khair tepatnya di jalan Desa Sutera, Kecamatan Sukadana. Akan ada enam pemenang dalam kegiatan ini. Seluruh pemenang akan mendapatkan piala beserta uang tunai dengan jumlah keseluruhannya Rp6.000.000.

“Setelah dua tahun berpuasa dari kegiatan seperti ini akhirnya Kayong Utara melaksanakan kegiatan Festival pawai bersama,” kata Wakil Bupati Kabupaten Kayong Utara, Effendi Ahmad di Kayong Utara, Minggu.

Dia juga menambahkan, kegiatan ini menjadi awal yang baik setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa.  

“Kita berharap semoga Allah mengangkat pandemi COVID-19 Sehingga pesertanya tak hanya sekitaran Kota Sukadana tapi juga dari seluruh kecamatan yang ada di Kayong Utara,”ujarnya 

Ada tiga kategori untuk menetapkan pemenang festival pawai kali ini. Ketiganya dinilai dari kemerduan suara, keindahan hiasan, kekompakan atau seragam dari kelompok.

“Meskipun peserta hanya sebelas,  namun tidak mengurangi rasa semangat kita untuk melantunkan takbir demi menyambut hari Raya Idul Fitri 2022 kali ini,” Kata ketua Pantia, Harpandi Hasan. 

Dia juga menjelaskan bahwa mereka sebenarnya sudah menyebar undangan sebanyak 60, namun tak semua bisa mengikuti. Pihaknya pun memaklumi karena jarak dan jalan yang masih diperbaiki. 

Keberangkatan rombongan pawai dimulai pukul 21.00, dimulai dari lokasi awal di Masjid Oesman Al-Khair dan melakukan pawai di sekitar Kota Sukadana. 

Masyarakat pun tampak antusias untuk menyaksikan festival pawai yang berlangsung kali ini, mulai dari halaman masjid hingga menunggu di tepi jalan untuk pawai bersama.