Bupati Kapuas Hulu harap Baznas jadi motor penggerak sadar zakat

Bupati Kapuas Hulu harap Baznas jadi motor penggerak sadar zakat


Kapuas Hulu (ANTARA) – Bupati Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Fransiskus Diaan meminta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat agar dapat menjadi motor penggerak sadar zakat di daerah tersebut.

“Saya minta Kantor Kementerian Agama (Kemenag) dan Baznas terus melakukan sosialisasi agar tumbuh kesadaran umat untuk berzakat,” kata Fransiskus Diaan saat melantik Pimpinan Baznas Kapuas Hulu, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis.

Ia mengatakan, pengurus Baznas merupakan koordinator dalam hal perencanaan pengumpulan zakat dan pendistribusiannya, sehingga perlu banyak sosialisasi agar tumbuh kesadaran masyarakat.

Menurut dia, Pemkab Kapuas Hulu mendukung Baznas seperti dana operasional serta fasilitas lainnya.

Dia mengimbau kepada perangkat daerah untuk menyalurkan zakatnya di Baznas Kapuas Hulu dan diharapkan dapat turut serta untuk menyosialisasikan tugas dan fungsi Baznas.

“Saya ucapkan selamat atas pelantikan pengurus Baznas Kapuas Hulu semoga lebih baik lagi dan amanah,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kalimantan Barat Syahrul Yadi mengatakan jabatan di Baznas merupakan jabatan sangat mulia, maka harus difungsikan dengan sebaik-baiknya untuk umat.

“Baznas Kapuas Hulu harus terus menggalakkan zakat, infak, dan sedekah untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Dia mengatakan tugas Baznas ke depan selalu membangun administrasi yang baik demi kepercayaan masyarakat, agar umat mau memberikan zakat, infak, dan sedekah ke Baznas.

Selain itu, selalu menyajikan data yang aktual, karena setiap waktu ada perubahan dan perkembangan di tengah masyarakat dan lakukan kolaborasi dengan semua pihak termasuk dengan pemerintah daerah.

“Bisa saja yang menerima zakat tahun lalu, menjadi pemberi zakat pada tahun ini, jadi data itu sangat penting terus diperbarui, tetapi saya yakin kepengurusan Baznas yang baru ini mampu bangkit untuk kesejahteraan dan kemajuan Kapuas Hulu,” kata Syahrul Yadi.

Caption: Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan saat melantik Pengurus Baznas Kapuas Hulu periode 2022-2027, di Rumah Dinas Bupati Kapuas Hulu Kalimantan Barat. ANTARA/Teofilusianto Timotius (Teofilusianto Timotius)