Saat Rakor Lintas Sektoral, Kapolres Sanggau Ungkapkan Hal Ini

Saat Rakor Lintas Sektoral, Kapolres Sanggau Ungkapkan Hal Ini


FOTO : Momen berpoto bersama Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan S Ik, Bupati Sanggau Paolus Hadi dan unsur Forkompimda serta pihak lainnya (Ist)

SANGGAU – radarkalbar.com

KAPOLRES Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan S Ik mengungkapkan perayaan hari raya selalu diiringi dengan meningkatnya gangguan kamtibmas maupun gangguan terhadap ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Hal ini berdasarkan analisis data Biro Operasi Polda Kalbar. Dimana setiap menjelang, pada saat dan pasca lebaran,angka kriminalitas dan kecelakaan lalu lintas terjadi peningkatan.

“Tiap menjelang hari raya peningkatan terhadap mobilitas masyarakat, barang dan transportasi darat, laut atau sungai dan udara gangguan kamtibmas meningkat. Terlebih pada tahun ini Pemerintah memberi kelonggaran aturan untuk mudik, setelah 2 tahun ada larangan mudik karena meningkatnya pandemi Covid-19. Situasi ini tentu akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mudik, silahturahmi dengan keluarga,” ungkap mantan Kapolres Landak ini dalam rapat lintas sektoral di Mapolres Sanggau, Rabu (27/4/2022).

Dijelaskan pria dengan dua melati dipundak ini, pada mudik tahun 2022 ini tag line adalah mudik sehat dan mudik aman. Mudik sehat terwujud bila terpenuhinya syarat untuk mudik, protokol kesehatan (prokes) dilaksanakan secara bertanggung jawab, tidak terjadi lonjakan Covid-19 sebelum dan sesudah hari raya Idul Fitri 2022.

“Untuk itu akan digelar personil dan perlengkapan pada pos pelayanan (posyan), dan mudik aman terwujud bila pengguna jalan mematuhi kamseltibcarlantas dan situasi kamtibmas yang kondusif, untuk itu akan digelar personil dan perlengkapan pada pos pengamanan (pos pam), ” jelasnya.

Dipaparkan, guna mewujudkan mudik sehat dan mudik aman, pihaknya telah menginstruksikan seluruh Polsek jajaran, untuk menginventarisasi kembali daerah-daerah yang tergolong memiliki potensi dan ambang gangguan yang tinggi. Untuk kemudian dijadikan sasaran dalam operasi, serta giatkan prokes dan vaksinasi bagi masyarakat.

“Kepada instansi terkait, sesuai dengan bidang tugasnya, mulai dari sekarang diharapkan telah mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang mungkin akan timbul disertai upaya-upaya pemecahan masalahnya,”pinta nya.

Diterangkan, dalam waktu dekat, mulai tanggal 28 April sampai dengan 9 Mei 2022, jajaran Polda Kalbar akan melaksanakan Operasi Kewilayahan Kendali Pusat selama 12 hari dengan mengedepankan kegiatan pre-emtif, preventif dan kamseltibcarlantas.

“Kegiatan tersebut tentunya tidak hanya dilakukan kepolisian saja, akan tetapi akan bersinergi dengan berbagai instansi serta pemangku kepentingan. Untuk itulah, pada kesempatan ini saudara-saudara kami undang untuk berkoordinasi dan berdiskusi terkait berbagai atensi tersebut di atas,”tuturnya.

Menurut Ade, dalam Operasi Kewilayahan Kendali Pusat dengan sandi Operasi Ketupat Kapuas 2022 yang melibatkan banyak pihak ini dapat berjalan sukses, tentunya perlu pengaturan mekanisme komando dan pengendaliannya serta pembagian tugas yang jelas. kontribusi positif dari lintas sektoral sangat diharapkan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia atas penyelenggaraan kegiatan ini, serta apresiasi yang tinggi atas kehadiran saudara-saudara sekalian,”ucapnya.

Sementara, Bupati Sanggau Paolus Hadi mengatakan seluruh stake holder yang terkait, hendaknya agar mempersiapkan segala sesuatu demi kelancaran pelaksanaan perayaan Idul Fitri 1441 H.

“Pemerintah Kabupaten Sanggau dan PHBI telah menerbitkan edaran bahwa tidak ada kegiatan pawai di malam takbiran, umat muslim dianjurkan memakmurkan masjid di malam Idul Fitri,” tegasnya.

Terkait untuk kerawanan selama pelaksanaan kegiatan, Kabag Ops Polres Sanggau Kompol Rully Robinson Polli, S.I.K menyampaikan perkiraan kerawanan, optimalisasi kerawanan, target operasi berupa orang, benda, tempat kegiatan pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H di Wilkum Polres Sanggau menyangkut cara bertindak, konsep strategi operasi Ketupat tahun 2022, serta penempatan Pospam dan Pos Terpadu.

Selain itu, pelibatan kuat Pers dan waktu pelaksanaan, personil dalam Ops Ketupat Kapuas 2022, TMT 28 April – 9 Mei 2022. Kemudian pelibatan dinas instansi vertikal dan stakeholder dalam Ops Ketupat Kapuas 2022.

Usai pelaksanaan rapat koordinasi lintas sektoral tersebut dilanjutkan dengan pengecekan Pos Pengamanan Lebaran Polres Sanggau terletak di Jalan Ayani, Kelurahan Ilir Kota, Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau.

Rakor lintas sektoral ini dipimpin Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K dihadiri Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.Ip, M.Si. serta di ikuti unsur Forkopimda Kabupaten Sanggau, PJU Polres Sanggau, Pimpinan Ormas, OKP, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Sanggau.

 

 

 

 

Pewarta : Rilis

Editor     : Sery Tayan