Pemkot Pontianak siap berikan kenyamanan - keamanan rayakan Idul Fitri

Pemkot Pontianak siap berikan kenyamanan – keamanan rayakan Idul Fitri



Pontianak (ANTARA) – Pemerintah Kota Pontianak bersama Polresta dan Kodim Pontianak siap memberikan kenyamanan dan keamanan bagi umat Muslim dalam merayakan Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah di kota itu.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Selasa, mengatakan, dengan adanya kelonggaran-kelonggaran ini maka harus dilakukan antisipasi dalam pengamanan selama Lebaran Idul Fitri tahun 2022, salah satunya dengan digelarnya Operasi Ketupat Kapuas 2022 yang digelar Polresta Pontianak.

“Saya mengapresiasi jajaran TNI/Polri, kita bersama-sama berkolaborasi dalam rangka mewujudkan Kota Pontianak tetap kondusif sehingga aktivitas masyarakat bisa berjalan lancar terutama selama perayaan Idul Fitri,” kata Edi Rusdi Kamtoni usai Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Pengamanan Idul Fitri 1443 Hijriah di Pontianak.

Edi menekankan, titik-titik yang menjadi lokasi pengamanan dalam mengantisipasi arus mudik Lebaran Idul Fitri diantaranya Pelabuhan Dwikora dan terminal-terminal angkutan umum.

Kemudian berkaitan dengan pengamanan lalu lintas, hal yang perlu diantisipasi adalah kemacetan yang sering terjadi di Jembatan Kapuas I, lalu dampak pengerjaan trotoar di Jalan Ahmad Yani yang masih dalam tahap pengerjaan,

“Saya minta kepada Satker Balai Besar Jalan Nasional untuk merapikan rambu-rambu dan pengamanannya untuk mencegah supaya tidak terjadi kecelakaan dan kemacetan di jalan,” ujarnya.

Kemudian menjelang Lebaran Idul Fitri, terjadi lonjakan jumlah pengunjung di pusat-pusat perbelanjaan maupun pasar-pasar yang ada di Kota Pontianak, yang tidak hanya dipadati oleh warga Pontianak saja, tetapi juga dari kabupaten sekitarnya yang datang untuk berbelanja berbagai keperluan Lebaran.

“Hingga malam perayaan Lebaran Idul Fitri pun tempat-tempat tersebut masih ramai dikunjungi. Ini yang perlu kita antisipasi terutama kemacetan lalu lintas dan gangguan keamanan seperti copet, jambret dan tindak kriminalitas lainnya,” kata Edi.

Sementara itu, Kapolresta Pontianak Kota, Kombes (Pol) Andi Herindra menjelaskan, dalam rangka pengamanan Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, pihaknya menggelar Operasi Ketupat Kapuas 2022 di wilayah hukum Polresta Pontianak Kota.

Operasi Ketupat Kapuas ini digelar selama 12 hari, mulai tanggal 29 April hingga 9 Mei 2022. “Kita memiliki enam pos, yang terdiri dari lima Pos Pengamanan dan satu Pos Terpadu yang nanti difokuskan di Pelabuhan Dwikora,” katanya.