Salat Id 2022 Bakal Digelar di Halaman Pemda Sanggau – Kalimantan Today


Foto—Rapat PHBI membahas persiapan pelaksanaan salat idul fitri 1443 hijriah di ruang Asisten tiga Setda Sanggau, belum lama ini—ist

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Sempat ditiadakan selama dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sanggau akan kembali menggelar Salat Id di halaman Pemda Sanggau.

“Keputusan ini sudah kami bahas bersama rapat Pengurus PHBI. Dan kami sepakat akan menyelenggarakan salat Id di halaman Pemda,” kata Ketua PHBI Kabupaten Sanggau, H. Akhmad Saukani kepada wartawan, Minggu (24/04/2022).

Dikatakannya, keputusan ini tentunya sudah dikonsepkan secara matang setelah berkonsultasi dan berkoordinasi dengan tim terkait.

“Sudah kami konsepkan secara matang dan kami sampaikan kepada Bapak Bupati Sanggau, Bapak Kapolres Sanggau, Bapak Dandim 1204 Sanggau, Bapak Kakan Kemenag Sanggau dan Instansi terkait lainnya,” kata Saukani sapaan akrabnya.

Saukani berharap pada pelaksanaan Salat Id nanti jamaah mematuhi petunjuk pemerintah dan menggunakan protokol kesehatan untuk menjaga diri dari virus. “Minimal gunakan masker. Nanti kami dari panitia juga menyiapkan handsanitizer,” ungkapnya.

Sedangkan untuk malam takbiran, kata Saukani, masyarakat diimbau menggelar di masjid/musala atau rumah masing-masing.

“Dari hasil koordinasi kami dengan Satgas, kita diminta tetap berpedoman pada SE-No 8 Tahun 2022 Tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Pada bulan Ramadlan dan Idul Fitri Tahun 1443 H/2022 M, huruf E,” terangnya.

Ia juga meminta maaf kepada masyarakat Sanggau yang telah menyampaikan ide dan saran kepada PHBI untuk melakasanakan takbir keliling, yang untuk sementara tidak dapat dilaksanakan.

“Kami mengajak kita semua umat muslim mari kita ramaikan takbir di Masjid dan Musholla. Semoga niat baik saudara-saudara tetap dipandang sebagai amal kebaikan di mata Allah SWT, amin ya rabbal’alamin,” harapnya.

Untuk petugas Salat Id 1443 Hijriah, dijelaskan ASN Kementrian Agama Sanggau itu, berdasarkan Keputusan Rapat hari Jumat 22 April 2022 di ruang rapat Assisten Administrasi Umum Sekretariat daerah Kabupaten Sanggau, yakni: Imam Utama Bripka Suryansah, Cadangan: Kaspul Anwar, sementara Khotib Utama: H. Akhmad Saukani, Cadangan :H. Johansyah.

Selanjutnya Saukani menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati Sanggau Paolus Hadi yang telah memberi izin penggunaan halaman Pemda sebagai tempat pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1443 H tahun ini.

“Tak lupa pula kepada Bapak Kapolres dan Pak Dandim 1204 Sanggau yang telah memberikan dukungan dan Semangat kepada Pengurus PHBI Kabupaten Sanggau. Atas nama Pengurus PHBI Kabupaten Sanggau, mari kita laksanakan Salat Id berjamaah di halaman Pemda. Sekali lagi, jangan lupa patuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. (Ram)