Pemkab Bengkayang bersiap laksanakan ritual Gawia Sowa Dayak Bidayuh Bijagoi

Pemkab Bengkayang bersiap laksanakan ritual Gawia Sowa Dayak Bidayuh Bijagoi



Pontianak (ANTARA) – Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Bengkayang di Provinsi Kalimantan Barat mempersiapkan pelaksanaan ritual adat Gawia Sowa Dayak Bidayuh Bijagoi di Jagoi Babang, daerah di wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia.

Gawia Sowa Dayak Bidayuh Bijagoi diagendakan berlangsung pada Juni 2022 mendatang. Saat ini dalam proses mempersiapkan tahapan-tahapan kegiatan budaya tersebut,” kata Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Bengkayang Frans Wijaya saat dihubungi di Bengkayang, Jumat.

Ia menjelaskan, Gawia Sowa merupakan ritual adat untuk menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan serta roh leluhur yang diyakini bersemayam di gunung, hutan, dan lembah. 

“Ritual ini juga memiliki berbagai makna, terutama dalam membangun moralitas serta meningkatkan jiwa persatuan dan kesatuan dalam keberagaman,” kata Frans.

Ritual Gaiwa Sowa, ia menjelaskan, mencakup penyediaan sesajian atau persembahan untuk benda pusaka yang disimpan di rumah adat yang disebut Sigal Paad Sadih.

Frans mengatakan bahwa Bupati Bengkayang juga dijadwalkan meresmikan rumah adat Boni Pangah Bipokat pada acara Gawia Sowa.

“Nanti pada kegiatan tambahan juga akan dilakukan penandatanganan prasasti,” katanya.