DISKOMINFO

Peringatan Hari Kartini Ke-144 Tahun 2022, Ini Kata Bupati Sanggau


//DISKOMINFO-SANGGAU//

SANGGAU – Pemerintah Kabupaten Sanggau melaksanakan peringatan Hari Kartini ke-144 Tahun 2022. Dengan tema yang diusung: “Peran wanita dalam penanggulangan Pandemi Covid-19 dan pencegahan Stunting”, bertempat di Komplek Taman Santana, Kelurahan Tanjung Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kamis (22/4/2022).

Dalam kesempatan tersebut Ketua Panitia Penyelenggara, Ny. Arita Apolina menyampaikan bahwa kegiatan peringatan Hari Kartini merupakan agenda rutin yang merupakan salah satu program kerja Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau dan bersinergi dengan organisasi perempuan yang ada yakni TP PKK, GOW, DWP, Bhayangkari, Persit dan organisasi lainnya guna mengenang jasa Raden Ajeng Kartini sebagai momentum bagi kaum perempuan untuk meningkatkan perannya dalam pembangunan, khususnya di Kabupaten Sanggau.

“Beberapa hal terkait pelaksanaan kegiatan ini, diantaranya; Pertama, kegiatan pelatihan pembuatan video dan pengemasan produk kuliner kering untuk menunjang UMKM Organisasi Wanita di Kabupaten Sanggau, dalam rangkaian Hari Kartini Tahun 2022, yang dilaksanakan pada hari Rabu Tanggal 23 Februari 2022 oleh Gabungan Organisasi Wanita; Kedua, Persiapan pelaksanaan peringatan Hari Kartini yang dimulai dengan rapat koordinasi dan pemantapan yang dilaksanakan pada Tanggal 1 dan 13 April 2022; Ketiga, Penyerahan bantuan sosial bagi 25 orang  bayi dan balita serta masyarakat kurang mampu di Desa Hibun Kecamatan Parindu sebagai salah satu desa intervensi pencegahan stunting di Kabupaten Sanggau Tahun 2022 yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 13 April 2022; Keempat, Ziarah ke taman makam pahlawan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita, yang dilaksanakan pada hari Selasa Tanggal 19 April 2022; Kelima, Mendampingi  dan mengusulkan ketua Kelompok Wanita Tani Merpati Putih atas nama Ibu Jurniati asal Desa Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan, melalui Dinsosp3akb dan Dinas KPTPHP Kabupaten Sanggau sebagai salah satu penerima penghargaan perempuan berjasa dan berprestasi di bidang pertanian yang diselenggarakan oleh Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri, yang hadiahnya disiapkan oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju berupa plakat, piagam penghargaan dan uang tunai; Keenam, Penerima penghargaan perempuan berjasa dan berprestasi di bidang pertanian sebagaimana dimaksud di atas menerima penghargaan yang dilaksanakan pada hari ini Kamis, tanggal 21 april 2022 di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat dan diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat Bapak H. Sutarmiji, SH, M.Hum dan Ketujuh, Acara puncak peringatan Hari Kartini yang dilaksanakan pada hari ini Kamis Tanggal 21 April 2022,” jelas Ketua Panitia, Ny. Arita Apolina.

“Harapan kami melalui peringatan Hari Kartini ke-144 Tahun 2022 Kabupaten Sanggau ini perempuan Indonesia khususnya Kabupaten Sanggau dapat maju, memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh keadilan sosial dan menyumbangkan potensinya secara optimal bagi bangsa dan umat manusia di dunia, terutama di masa pandemi Covid-19 yang belum usai dan dalam upaya pencegahan stunting ini,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Sanggau Paolus Hadi menjelaskan bahwa perjuangan Kartini adalah melawan diskriminasi untuk mendorong perempuan modern untuk bisa melawan stereotipe dari pada perempuan yang ujungnya menjadi ibu rumah tangga saja.

”Kaum perempuan adalah aset penting suatu bangsa karena tidak hanya berperan sebagai subjek yang mendorong suksesnya pembangunan nasional, melainkan juga objek yang harus diberdayakan dan dilindungi hak-haknya. Kita semua harus mendukung agar perempuan bisa mencapai potensi optimalnya dalam perannya pada pembangunan nasional dan pada akhirnya memberikan sumbangsih terbaik bagi kemajuan Indonesia. Upaya ini semata-mata untuk mewujudkan kesetaraan gender melalui pemberdayaan perempuan,” jelas Bupati Sanggau, Paolus Hadi.

Genap dua tahun lebih, lanjut PH sapaan akrab Bupati Sanggau, kita bergelut dan menghadapi pandemi Covid-19 yang mengguncang berbagai sektor kehidupan manusia yang diperparah oleh berbagai bencana alam banjir, tanah longsor hingga cuaca ekstrim. Hal ini tentunya juga membuat perjuangan para perempuan untuk bertahan menjadi sangat berat.

”Dalam hal ini, perempuan juga harus dilibatkan dalam upaya pemulihan dampak yang terjadi akibat musibah yang kita alami, baik dampak ekonomi, sosial, kesehatan dan lain-lain. Selain itu, Indonesia juga sedang menggalakkan program pencegahan stunting di Indonesia,” ujarnya.

Lanjut disampaikan Bupati, Paolus Hadi bahwa melalui peringatan hari Kartini ke-144 Tahun 2022 Kabupaten Sanggau ini dirinya mengajak kaum perempuan khususnya di Kabupaten Sanggau untuk bersama-sama meningkatkan peran kita dalam pembangunan, terutama dalam menghadapi kondisi dan tantangan yang ada di depan mata melalui berbagai kegiatan-kegiatan positif dan produktif yang dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan.

”Terima kasih juga saya ucapkan kepada organisasi-organisasi perempuan TP-PKK, GOW dan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sanggau sebagai organisasi besar yang mampu mengkoordinir kegiatan-kegiatan positif pemberdayaan perempuan di Kabupaten Sanggau,” ucap Bupati Sanggau, Paolus Hadi.

Penulis         : Alfian