TPQ Al-Ikhlas bekali sejak dini ilmu agama melalui Pesantren Kilat Ramadhan 1443 H



Pontianak (ANTARA) – Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Al-Ikhlas sebagai lembaga bimbingan tahsin dan tahfidz Quran di Kelurahan Parit Mayor, Kota Pontianak terus membekali peserta didiknya sejak dini ilmu agama dan satu di antaranya melalui Pesantren Kilat Ramadhan 1443 H.

“Momentum bulan Suci Ramadhan 1443 ini kami hadirkan pesantren kilat bagi peserta didik dengan memberikan ilmu agama seputar kehidupan sehari – hari yang wajib dan harus kita jalankan melalui narasumber yang kami hadirkan baik dari internal maupun luar. Sejak dini sudah diajarkan dan lembaga ini mewadahinya,” ujar Ketua TPQ Al- Ikhlas, Al Hajj Aziz di Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan adapun materi dari pesantren kilat sekaligus buka puasa bersama yang berlangsung dari 18 – 20 April 2022 tersebut yakni pengenalan dan praktek wudhu serta shalat. Selanjutnya peserta didik diberikan penjelasan seputar pentingnya berpuasa Ramadhan dan apa saja keutamaannya.

“Selanjutnya, kami tidak lupa juga memberikan materi tentang adab dengan menghadirkan pemateri dari eksternal TPQ Al- Ikhlas. Soal adab ini perlu dikenalkan sejak dini karena ilmu harus didampingi dengan adab yang baik sebagaimana tuntunan agama dan Rasullullah,” kata dia.

Ia berharap dengan kegiatan tersebut bisa mewujudkan generasi Qurani sebagaimana visi dari TPQ Al-Ikhlas. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua murid yang telah mempercayakan ke lembaganya dan mendukung penuh anaknya untuk belajar di TPQ Al- Ikhlas dan ikut berpartisipasi dalam Pesantren Kilat Ramadhan 1442 H.

“Terima kasih juga kepada Pengurus Masjid Al- Ikhlas yang telah mendukung dalam hal tempat dan fasilitas. Memang TPQ Al- Ikhlas ini adalah bagian dari masjid itu sendiri, Terima kasih ke ketua masjid yang langsung hadir dalam membuka dan menutup pesantren kilat,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Masjid Al- Ikhlas, M. Irhami sangat menyambut baik dengan adanya Pesantren Kilat Ramadhan 1442 H oleh TPQ Al- Ikhlas. Menurutnya dengan kegiatan tersebut memberikan ilmu dan suasana baru kepada peserta didik.

“Tentu kami sangat menyambut baik dan mendukung kegiatan positif ini. Harapannya menambah ilmu anak sejak dini tentang pentingnya menjalankan perintah agama. Semoga ke depan terus digelar dan cakupan lebih luas,” katanya.

TPQ Al-Ikhlas saat ini memiliki siswa sekitar 40 orang dengan rentang usia mulai 4,5 tahun hingga 12 tahun. Adapun program unggulannya adalah tahsin dan tahfidz Quran. Anak – anak bukan hanya sekedar dikenalkan namun paham dalam membaca Al-Quran. Anak – anak tidak hanya sekedar khatam namun harus memperhatikan makhorijul dan sifat huruf serta tajwidnya. Setelah paham baru dibimbing untuk hafalan Quran. Program unggulan lainnya menghafal doa sehari – hari, menghafal bacaan sholat dan praktek dan kegiatan ekstenral.