TP PKK Kota Pontianak berikan bantuan sembako bagi dhuafa

TP PKK Kota Pontianak berikan bantuan sembako bagi dhuafa



Pontianak (ANTARA) – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Pontianak melalui program kerja PKK Pokja satu tahun anggaran 2022 menyalurkan bantuan sebesar Rp250 ribu dan takjil untuk berbuka puasa kepada masing-masing penerima, salah satunya kepada dhuafa.

“Naiknya harga kebutuhan pokok di bulan Ramadhan sangat berdampak bagi masyarakat terutama kaum dhuafa, sehingga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka harus bekerja lebih keras agar ekonomi keluarga tercukupi,” kata Ketua TP PKK Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie di Pontianak, Rabu.

Dia menjelaskan, bantuan itu akan dibagikan secara bertahap di enam kecamatan se-Kota Pontianak. Dari jumlah keseluruhan 325 orang penerima bantuan, 128 orang diantaranya sudah menerima bantuan tersebut, yakni kaum dhuafa di wilayah Kecamatan Pontianak Utara dan Pontianak Timur.

Dia menambahkan, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian pihaknya kepada kaum dhuafa yang rutin diberikan setiap bulan Ramadhan.

“Bantuan ini diberikan kepada orang yang betul-betul memerlukan pertolongan, apabila penerima sakit dan tidak bisa berjalan, tolong diantarkan ke rumahnya,” ujarnya.

Selain menyerahkan bantuan, Ketua TP PKK Kota Pontianak juga mengajak agar para lansia tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat. Dengan pola hidup sehat, para lansia diharapkan terhindar dari berbagai penyakit.

“Kita sudah harus mulai merubah pola hidup, olahraga harus teratur, kalau berbuka jangan terlalu banyak makan gorengan, dan lebih baik rebusan selain sehat juga hemat, ” ujarnya.

Sementara itu, Camat Pontianak Utara, Dini Eka Wahyuni mengatakan bahwa di masa sulit pasca pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi, khususnya di Kecamatan Pontianak Utara golongan dhuafa kategori lansia ini dirasakan yang paling layak dibantu.

“Sehingga tepat sekali bila bantuan ini diberikan kepada mereka,” katanya.

Agar tepat sasaran, Kecamatan Pontianak Utara bekerjasama dengan PKK Kelurahan se-Kecamatan Pontianak Utara turun langsung ke lapangan untuk mencari orang-orang yang memerlukan bantuan. Kriteria penerima pun telah ditentukan diutamakan bagi lansia yang seorang diri dalam menopang biaya hidupnya.

Dia berharap, bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan,

“Gunakan bantuan ini sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan yang paling utama,” katanya.