Categories: Antaranews

Dishub Kota Pontianak atur persiapan mudik Lebaran 2022



Pontianak (ANTARA) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pontianak, Kalimantan Barat saat ini sudah mengatur persiapan mudik Lebaran 2022, bagi masyarakat kota itu yang akan mudik ke kampung halamannya.

“Seperti yang kita ketahui, dari Kementerian Dalam Negeri untuk tahun ini sudah ada sinyal jika masyarakat boleh pulang kampung atau mudik Lebaran, jadi kami hingga saat ini sudah harus mempersiapkannya,” kata Kadishub Kota Pontianak, Utin Srilena Candramidi di Pontianak, Selasa.

Baca juga: Pangdam XII/Tpr tinjau pos penyekatan arus balik Lebaran tahun 2021

Dia menjelaskan, khusus untuk Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar sudah memastikan kelaikan sarana angkutan di semua moda transportasi dengan melakukan ramp check atau pemeriksaan jalan, sementara dari pihaknya akan mulai minggu depannya.

“Kami akan terus melakukan pemantauan terhadap kendaraan umum yang akan mengangkut masyarakat yang mudik Lebaran, lalu menyarankan jika kendaraan tersebut layak dari segi fisik maka boleh mengambil penumpang, tapi jika tidak layak maka tidak diperkenankan,” ujarnya.

Baca juga: Kota Pontianak lakukan penyekatan arus balik Lebaran

Dia menambahkan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas pemudik saat ini telah disiapkan sebanyak enam unit bus yang beroperasi dari dalam kota ke arah Kabupaten Sambas.

Menurut dia, dari dalam kota sendiri diperkirakan tidak banyak yang menggunakan transportasi umum, karena banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi pada saat mudik Lebaran nantinya.

“Kami nanti akan bergabung dengan Satlantas Polresta Pontianak untuk penjagaan atau pengamanan, demi keamanan dan keselamatan pemudik, salah satu di Terminal Batu Layang,” ungkapnya.

Baca juga: Dua warga reaktif swab antigen saat Bupati Citra tinjau posko penyekatan arus mudik

Dia berharap, pandemi COVID-19 terus melandai sehingga masyarakat dapat mudik dengan aman dan tenang, dan juga mengharapkan masyarakat agar selalu menerapkan prokesnya ketika mudik Lebaran nanti.

Utin mengimbau kepada masyarakat sebelum mudik hendaknya terlebih dahulu melakukan cek fisik kendaraannya dan memperhatikan surat izin mengemudi atau dokumen-dokumen untuk menggunakan transportasi. Selain itu, kepada pemudik untuk selalu mengutamakan keselamatan, jangan berkendara jika sedang mengantuk.

Baca juga: Kubu Raya siapkan tiga posko penyekatan dan layanan pantau arus mudik




Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] FIFA Batalkan Kemenangan Qatar atas Indonesia di Piala Asia U-23 – 23/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah video di media sosial TikTok dengan mengeklaim bahwa Fédération Internationale de Football Association (FIFA) membatalkan kemenangan Qatar atas Indonesia di Piala Asia U-23. Faktanya, klaim tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari…

2 menit lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Kota Sabang Diguncang Gempa, Ribuan Warga Sekarat – 23/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan video di platform YouTube yang mengeklaim gempa telah menimpa Kota Sabang, Provinsi Aceh dengan klaim ribuan warga sekarat pada 18 April 2024. Dilansir dari situs turnbackhoax.id, klaim tersebut adalah tidak benar.…

4 menit lalu
  • Diskominfo

IGTKI Kabupaten Sanggau Gelar Karnaval Hari Kartini

//DISKOMINFO – SANGGAU// SANGGAU – Ikatan Guru Taman Kanak – Kanak Indonesia (IGTK)I Kabupaten Sanggau menggelar karnaval baju adat dan profesi. Kegiatan berlangsung di Halaman Kantor Bupati Sanggau, Kabupaten Sanggau. Selasa (23/04/2024). Ketua Ikatan Guru…

17 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Surat Undangan Tahapan Seleksi Calon Karyawan BPJS Kesehatan 22-23 April 2024 – 22/04/2024

Penjelasan : Beredar kembali surat undangan tahapan seleksi calon karyawan mengatasnamakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Dalam surat tersebut calon karyawan diminta untuk hadir ke Jl. Letjend Suprapto Cempaka Putih, Kota Jakarta Pusat pada…

23 jam lalu