Kalbar gencarkan upaya mencetak 5.000 hafiz

Kalbar gencarkan upaya mencetak 5.000 hafiz



Pontianak (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menggencarkan upaya untuk mencetak 5.000 hafiz atau penghafal Al Quran di wilayahnya.

“Saya berharap program ini terus dimaksimalkan dan didukung semua pihak. Kemudian, saya juga mengajak umat Islam untuk bersama-sama menggalakkan program ini agar lebih diminati masyarakat,” kata Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji di Pontianak, Minggu.

Dia mengapresiasi Gerakan Indonesia Pintar Mengaji yang dijalankan oleh Yayasan Al Izzah Islam Mulia, yang selaras dengan program pemerintah provinsi untuk mencetak lebih banyak hafiz.

“Ini tentu selaras dengan program Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk mencetak 5.000 hafiz, penghafal Al Quran, yang akan disebar ke masjid-masjid untuk menjadi imam serta mengajarkan membaca Al Quran kepada masyarakat sekitar,” katanya.

Di Kalimantan Barat, menurut Sutarmijdi, saat ini sudah ada 7.346 anak yang rata-rata sudah menghafalkan Al Quran lebih dari 15 juz.

Dia berharap saat masa kepemimpinannya berakhir pada 2024 sudah ada 5.000 orang yang hafal 30 juz Al Quran di Kalimantan Barat.

Gubernur juga mengimbau warga Muslim yang secara ekonomi mampu mendukung pengembangan rumah tahfiz dan lembaga-lembaga pendidikan Al Quran di Kalimantan Barat.

Baca juga: UAS apresiasi upaya Kalbar mencetak ribuan hafiz

Baca juga: LPTQ Kalbar wisuda 58 hafiz Al Quran 30 juz

Baca juga: Gubernur ajak LPTQ Kalbar bersinergi wujudkan 5000 hafiz/hafizah Qur’an