Categories: Antaranews

Tradisi panen ikan di Pisak Kabupaten Bengkayang sambut Paskah



Pontianak (ANTARA) – Ratusan masyarakat Desa Pisak, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat menjalankan tradisi panen ikan di sebuah rawa seluas dua hektare dalam rangka menyambut Paskah.

“Tradisi panen ikan atau dikenal masyarakat sekitar dengan menangguk ikan tersebut dilakukan masyarakat masih dengan cara tradisional, dengan mengedepankan nilai leluhur. Ini memang tradisi di setiap tahun menjelang Paskah,” ujar Ketua Adat Dusun Dawar, Markos saat dihubungi di Bengkayang, Jumat.

Markos mengatakan, seluruh ikan hasil panen massal tersebut nantinya bakal dikumpulkan di satu wadah yang sama baru kemudian dibagikan kepada masyarakat secara merata.

“Jadi tradisi ini dilakukan untuk menunjukkan sikap gotong-royong sebab hasilnya juga dibagi merata,” tuturnya.

Markos menyebutkan hasil panen ikan tersebut bisa menghasilkan hingga satu ton ikan, dari berbagai jenis. Ikan tersebut di antaranya ikan bawal, ikan kaloi, ikan mujair, ikan nila, serta masih banyak jenis ikan lainnya.

“Kita harap tradisi ini bisa terus dijaga oleh generasi penerus ke depannya. Melalui tradisi ini pula, kita juga harap bisa memperkuat hubungan talu silaturahmi, serta persaudaraan antarwarga untuk tetap kompak hingga ke generasi penerus,” harap dia.

Dalam pelaksanaan tradisi tersebut masyarakat sangat antusias. Kaum lelaki, perempuan maupun anak-anak ikut berpartisipasi. Semangat kebersamaan yang dilakukan penuh nuansa kekeluargaan di tradisi tersebut.




Bagikan

Berita Terbaru

  • Diskominfo

Pemkab Sanggau Laksanakan Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII

//DISKOMINFO-SANGGAU// SANGGAU – Pemerintah Kabupaten Sanggau melaksanakan upacara peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII, dengan mengusung tema: “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”. Upacara dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Ir. Kukuh…

4 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Iklan Ajakan Mendaftar Paylater BCA dan Upgrade Kartu Kredit BCA – 24/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah iklan di media sosial Instagram yang mengiklankan ajakan mendaftar payla?er Bank Central Asia (BCA) dan upgrade kartu kredit BCA. Akun-akun yang beredar tersebut menggunakan nama dan logo dari BCA. Dilansir dari…

7 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pemerintah Indonesia Setuju Lakukan Normalisasi Hubungan dengan Israel pada April 2024 – 24/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan di media sosial Instagram yang mengatakan adanya proses normalisasi hubungan bilateral antar pemerintah Indonesia dengan Israel. Dalam keteranganya disebutkan bahwa media-media Israel menyatakan Pemerintah Indonesia setuju untuk membangun hubungan diplomatik…

7 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Rumah di Kampung Ponton, Kota Palangkaraya Dibakar – 24/04/2024

Penjelasan : Beredar informasi yang mengeklaim kebakaran rumah di kawasan permukiman Kampung Ponton, Kota Palangkaraya. Adapun rumah yang terbakar tersebut sengaja dibakar oleh oknum tak bertanggung jawab. Faktanya, informasi yang mengeklaim kebakaran rumah di kawasan…

7 jam lalu