Categories: Radar Kalbar

Keraton Sanggau Gelar Bukber dan Santuni Anak Yatim


POTO : rangkaian kegiatan bukber di Keraton Surya Negara Sanggau (Ist)

SANGGAU – radarkalbar. com

MERUPAKAN kegiatan rutin tiap tahunnya. Kali ini pada bulan ramadhan 1443 Hijriyah Tahun 2022, Keraton Surya Negara Sanggau kembali menggelar buka puasa bersama (bukber) pada Rabu (13/4/2022). 

Momen bukber ini bukan hanya dihadiri Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara, Drs H Gusti Arman M Si, Ratu Suri Hj Rahmawati, Ketua DMI Sanggau, H Syafriansyah, Ketua MUI Sanggau, Ust Nasri, Kadis BMSDA Sanggau, Ir H John Hendri MM, Ketua MABM Budi Darmawan S TP, MM, Ketua Muhammadiyah, H Ade Juandi S Pdi, Ketua ICMI Sanggau, H Saleh, para pengurus Perempuan Melayu, kaum kerabat serta beberapa pihak lainnya. Namun juga dihadiri anak yatim dari beberapa wilayah di Kecamatan Kapuas.

Ketua DMI Sanggau, H Syafriansyah mengatakan menjalani puasa di bulan Ramadhan merupakan sebuah anugerah, karena belum tentu pada tahun mendatang setiap orang dapat bertemu kembali dengan Ramadhan.

“Semoga dibulan yang penuh berkah ini kita bisa memanfaatkan untuk lebih banyak beribadah, dan banyak bermanfaat untuk orang lain,” ujarnya.

Sementara, Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara Drs H Gusti Arman M Si mengungkapkan berbuka puasa bersama merupakan tradisi yang sangat baik dan harus dilestarikan. Puncak ketakwaan dari puasa ialah  dimana menahan diri.

” Tentunya, kemudian untuk tidak hanya menyenangkan diri kita. Namun untuk juga menyenangkan orang lain, satu diantaranya dengan berbuka puasa bersama ini,” ujarnya.

Saat itu dilaksanakan juga penyerahan uang tali asih untuk sejumlah anak yatim piatu di Kecamatan Kapuas oleh Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara, Drs H Gusti Arman M Si dan Ratu Suri Hj Sri Rahmawati.

Selanjutnya, menjelang berbuka puasa, dilanjutkan dengan siraman rohani atau tausyiah dari Ust Nasri yang diantara mengupas tentang tidak ada perintah secara langsung untuk mengadakan berbuka puasa bersama.

“Namun dalam berbagai hadist, memberikan orang yang puasa makan untuk berbuka maka pahala yang didapat sangatlah luas biasa,” ucapnya. (tim)


Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

16 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang memperlihatkan adanya kebocoran air yang cukup deras di sebuah dinding terowongan yang diduga adalah terowongan bawah laut. Dalam unggahan video tersebut juga terdengar suara teriakan…

16 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengambilan Bansos THR dengan KTP di ATM – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Twitter/X sebuah video memperlihatkan seseorang mengambil uang dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilengkapi narasi narasi yang mengeklaim bahwa pengambilan dana bantuan sosial…

17 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Tentara Merah Cina Berdatangan Setiap Jam ke Indonesia Mulai 1 April 2024 – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim ratusan Tentara Merah Cina memasuki Indonesia setiap jam secara bertahap melalui suatu bandara. Unggahan video tersebut dilengkapi dengan narasi "1 April 2024 tentara-tentara…

17 jam lalu