Anggota Gapki Kalbar berdayakan Pemuda Tani Kepayang dengan budidaya nila

Anggota Gapki Kalbar berdayakan Pemuda Tani Kepayang dengan budidaya nila



Pontianak (ANTARA) – Perusahaan sawit Peniti Sungai Purun (PSP) yang merupakan Anggota Gapki Kalbar melalui program tanggungjawab sosialnya ikut memberdayakan masyarakat di sekitar kebun yakni Kelompok Pemuda Tani Sinam Kepayang, Kabupaten Mempawah dengan memberikan bantuan budidaya ikan nila.

“Ini bentuk komitmen dan konsisten kami pada pembangunan sektor ekonomi masyarakat lingkar kebun,” ujar Group Manager PT PSP, Lamhot Simanullang saat dihubungi di Mempawah, Selasa.

Ia menambahkan bantuan benih ikan nila tersebut dengan harapan agar program tersebut dapat berkembang sebagai salah satu wadah bagi para pemuda untuk meningkatkan keterampilan dan mendapatkan nilai tambah demi terciptanya peningkatan ekonomi.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Pontianak terus gencarkan program perlindungan bagi pekerja

“Semoga program ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat  sekitar lingkar kebun khususnya di Desa Kepayang dan harapan saya kelompok pemuda tani dapat mengembangkan program ini dengan baik. Sehingga benar-benar diperoleh hasil yang maksimal, tak lupa peran dan dukungan semua pihak juga diperlukan agar budidaya ikan nila ini sukses dan berhasil,” jelas Lamhot.

Ia juga menyampaikan untuk program budidaya ikan nila ini tidak hanya kita akomodir untuk pengadaan benihnya saja tetapi kita lakukan pendampingan secara periodik dari persiapan kolam baik itu pemupukan kolam hingga pengecekan kualitas air, pengadaan vitamin dan pakan bahkan sampai ke proses pemasarannya dengan dibantu tenaga penyuluh di bidang perikanan yang handal.

Baca juga: Harga ekspor CPO tembus rata – rata Rp17.102 per kg

“Untuk jenis benih ikan yang kita serahkan merupakan jenis Nila Cangkringan dari indukan yang tersertifikasi dan diperoleh dari balai benih yang bekerjasama,” ucap Lamhot.

Sementara itu, Kepala Desa Kepayang, Rusdianto, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada HPI-Agro khususnya PT PSP. Program tersebut menurutnya sangat mendukung pemuda untuk mengisi waktu dan melakukan aksi yang positif.

“Atas nama pemerintahan desa dan tokoh masyarakat di Desa Kepayang ini kami berterima kasih kepada HPI-Agro dengan program CSR kemandirian ekonomi ini para pemuda di desa kami dapat mengisi waktu luangnya dengan kegiatan-kegiatan positif yang menghasilkan serta menambah keterampilan dan pengetahuan di bidang perikanan. Nantinya dalam keseluruhan kegiatan-kegiatan program saya akan melakukan pengawasan secara langsung agar budidaya ikan nila ini berjalan dengan baik, untuk itu mari kita berusaha dan berdoa untuk kesuksesan program ini,”ucapnya.

Baca juga: Gapki Kalbar siapkan SDM handal untuk sawit berkelanjutan
Baca juga: 2022 Konsumsi sawit diperkirakan meningkat