Kabupaten Kapuas Hulu dorong ekonomi masyarakat melalui BUMDes

Kabupaten Kapuas Hulu dorong ekonomi masyarakat melalui BUMDes



Kapuas Hulu (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu Kalimantan Barat mendorong pemerintahan desa untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Pemerintahan desa mesti membentuk BUMDes untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Sekretaris Daerah Kapuas Hulu Mohd Zaini, di Putussibau Kapuas Hulu, Senin.

Dalam sosialisasi pembentukan pengelolaan kegiatan dana bergulir masyarakat, Zaini juga menyampaikan pembentukan BUMDes atau BUMDesma sejalan dengan misi kedua Kapuas Hulu Hebat yaitu mewujudkan Kapuas Hulu yang kreatif menuju desa mandiri.

Menurut dia, BUMDes juga membuka lapangan pekerjaan dengan pengembangan aktivitas ekonomi yang adil dan pro rakyat serta ramah investasi.

Bahkan, hal tersebut juga sejalan dengan tema Musrembang Kapuas Hulu Tahun 2023 yaitu peningkatan kualitas perekonomian melalui pembangunan infrastruktur sehingga perekonomian harus dimulai dari pemerintahan di level terendah yaitu desa.

“Terima kasih kepada pemerintahan desa yang telah membuka lapangan pekerjaan melalui BUMDes, Pemkab Kapuas Hulu terus mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Zaini juga berpesan, agar dalam pengembangan dan pengelolaan, BUMDes dapat menggali potensi produk unggulan di desa masing-masing.

“Jika dikelola dengan baik maka potensi yang ada di desa dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat,” kata Zaini.