Categories: Antaranews

Kabupaten Sambas berikan dana Rp200 juta untuk MUI



Pontianak (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, memberikan dana hibah Rp200 juta untuk Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat sebagai bentuk apresiasi dan mendukung ulama dalam memperkuat pembangunan umat.

“Di era Satono-Rofi (bupati dan wakil bupati), perhatian kepada MUI oleh Pemkab Sambas sangat tinggi. Tahun ini kami beri bantuan hibah dana sebesar Rp200 juta. Selama ini MUI hanya diberi hibah sedikit, sekitar Rp30 jutaan,” ujar Bupati Sambas Satono, saat dihubungi di Sambas, Minggu.

Baca juga: Baznas tegaskan tentang netralitas dan bersih dari kepentingan politik

Satono mengatakan bahwa ulama berperan penting dalam membangun, menyatukan masyarakat melalui dakwah dan diharapkan selalu bersinergi dengan pemerintah untuk membangun “Sambas Berkemajuan”.

“Saya berharap pengurus MUI ini tidak sekadar struktur nama yang tercantum di kepengurusan, tapi bagaimana setiap divisi itu berperan membangun daerah untuk Sambas Berkemajuan,” katanya.

Baca juga: MUI Kota Bengkulu nonaktifkan jabatan dua tersangka teroris

Satono menegaskan jika Kabupaten Sambas ingin berkemajuan seperti visi misi pasangan bupati dan wakil bupati Satono- Fahrur Rofi, maka porsi agama itu harus ada. MUI harus bersinergi dengan pemkab dan para ulama harus mengambil peran dalam pembangunan.

“Saya juga ingin ada keterwakilan kaum perempuan di MUI karena sebagian masyarakat Kabupaten Sambas adalah perempuan. Mereka juga berhak sebagai penentu maju mundurnya daerah, sebagai penentu arah pembangunan,” katanya.

Baca juga: Wabup Harap Rakerwil II Hidayatullah Kalbar meningkatkan kualitas pendidikan

Satono meminta dengan anggaran yang diberikan oleh pemkab, MUI membuat program yang konkret dan tidak muluk-muluk, mulai dari pendataan jumlah masjid dan surau di seluruh Kabupaten Sambas.

“Data ini adalah sumber pembangunan, semua program pembangunan pemerintah harus berdasarkan data. MUI juga harus membuat buku khutbah agar dakwah bisa sampai ke pelosok desa. Silahkan susun tema yang strategis, bisa memacu pembangunan, meningkatkan kualitas iman dan taqwa masyarakat,” ujarnya.

Bupati Sambas Satono yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas Ferry Madagaskar sebelumnya juga telah bersilaturahim sekaligus berbuka puasa bersama pengurus MUI Kabupaten Sambas periode 2022-2027.

Baca juga: Pengukuhan Pengurus MUI Ketapang masa khidmat 2021-2026




Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

5 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Direktur Utama PDAM Lombok Tengah, Bambang Supratomo – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar akun WhatsApp yang mengatasnamakan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Ardhia Rinjani (Tiara) Lombok Tengah, Bambang Supratomo. Akun tersebut mengirimi pesan menawarkan untuk mengikuti program acara bonus-bonusan kendaraan mobil…

8 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] CNN: Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan Soal Pernikahan Beda Dimensi – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di sosial media TikTok yang menunjukkan tangkapan layar berita CNN Indonesia yang memberitakan bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) tolak gugatan soal pernikahan beda dimensi. Terlihat dalam tangkapan layar tersebut Anwar…

8 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] NASA Berencana Semprotkan Partikel Es ke Atmosfer untuk Kurangi Dampak Perubahan Iklim – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa The National Aeronautics and Space Administration (NASA) atau yang dikenal sebagai Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat akan menyemprotkan 2 ton partikel es di…

8 jam lalu