PKBM RPPC Kubu Raya laksanakan kegiatan Kampung Ramadhan

PKBM RPPC Kubu Raya laksanakan kegiatan Kampung Ramadhan



Pontianak (ANTARA) – Pengelola Saung Belajar PKBM Rumah Pintar Punggur Cerdas (RPPC), Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat menggelar kegiatan Kampung Ramadhan Ceria Annajihin untuk meningkatkan pengetahuan keagamaan anak-anak didik di daerah itu.

“Untuk kegiatan Kampung Ramadhan Ceria Annajihin ini kita menggunakan dua lokasi, yaitu di Masjid Annajihin Parit Tembakul dan Saung Belajar PKBM Rumah Pintar Punggur Cerdas. Dalam kegiatan ini kita melibatkan relawan Rumah Pintar Punggur Cerdas dan Remaja Masjid Annajihin Parit Tembakul,” kata pendiri Saung Belajar PKBM Rumah Pintar Punggur Cerdas dan Kampung Digital Gradasi Punggur Cerdas, Umilia di Sungai Kakap, Sabtu.

Adapun yang menjadi peserta pada kegiatan tersebut, katanya, adalah anak-anak yang menjadi peserta PKBM Punggur Cerdas dan anak-anak yang ada di sekitar Parit Tembakol.

“Ada pun beberapa kegiatan yang kita laksanakan antara lain, Akademi Ramadhan, Kultum menjelang berbuka, baca tulis Alquran, hafalan doa harian, Tasmi’ berantai Juz 28-30, literasi Islami, sehari bersama Quran, nonton film Islami, lomba anak Islami, buka bersana Masyarakat, pelatihan kepemimpinan, santunan anak yatim, kaum dhuafa, dan guru ngaji,” katanya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 4 hingga 29 April 2022, setiap hari Senin, Rabu dan Jumat pukul 16.00 WIB sampai waktu berbuka puasa.

“Kegiatan dimulai dengan pembukaan, tasmi’ Quran oleh adik-adik, agenda utama dan kultum, sholawatan menjelang berbuka, buka puasa bersama, sholat magrib berjamaah,” katanya.

Umilia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mengisi aktivitas di bulan Ramadhan agar tak menjadi Ramadhan yang sia-sia. Selain itu kegiatan tersebut juga diharapkan dapat menambahkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Kemudian, lanjutnya, Kampung Ramadhan itu juga diisi dengan kegiatan yang edukatif agar adik-adik mampu mengembangkan keterampilan, minat dan bakat mereka.

“Kegiatan yang bervariasi dengan tujuan agar adik-adik juga merasakan bahwa bulan Ramadhan itu bukan hanya di lewati dengan tidur-tiduran tapi kita mampu mengisinya dengan hal yang positif. Dengan harapan tertanamnya karakter baik di diri adik-adik dan bisa diaplikasikan ketika di luar bulan Ramadhan,” katanya.

Puncak kegiatannya, katanya, pada malam takbiran nanti pihaknya juga akan menggelar takbiran keliling bersama masyarakat.

“Alhamdulillah, kegiatan ini juga di dukung oleh masyarakat sekitar sehingga kami bergotong royong untuk menyukseskan kegiatan ini,” demikian Umilia.