Categories: Radar Kalbar

Milad ke-57 Raja Sanggau Dirayakan Sederhana


POTO : Momen milad ke-57 Raja Sanggau, Pangeran Ratu Surya Negara (dok Keraton)

SANGGAU – radarkalbar.com

CUACA Kota Sanggau terasa sedikit dingin,  kendatipun jarum jam baru menunjukan pukul 20.45 WIB, pada Sabtu (9/4/2022)

Sementara di selasar Keraton Surya Negara, Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara, Drs H Gusti Arman M Si yang baru saja berganti dari baju koko ke sweater putih dan celana jean, terlihat ngobrol santai duduk di kursi kayu yang ditata berhadapan, dengan dr Lambok Siahaan dan beberapa orang lainnya.

Lambok Siahaan ini merupakan sohib Pangeran Ratu Surya Negara Drs H Gusti Arman M Si, pria ini dulunya berprofesi sebagai dokter sempat bertugas pada beberapa kecamatan di Kabupaten Sanggau. Saat ini bertempat tinggal di Jakarta dan Los Angeles, USA. Dan sudah beberapa hari menginap di Keraton Surya Negara Sanggau.

Obrolan hangat antar dua sohib karib ini mengalir, sesekali diselingi gelak tawa. Kemudian, sempat pula hening beberapa menit karena mata mereka  tertuju ke layar handphone masing-masing membalas chat whattshAp dan membuka aplikasi media sosial. Dan ada juga yang mengangkat telpon masuk.

Tiba-tiba derit pintu utama terbuat dari kayu bangunan Keraton tersebut berbunyi dan terbuka separoh. Disisi lain Pangeran Ratu Surya Negara dan sohibnya tetap saja ngobrol, karena posisi duduk membelakangi pintu tersebut.

Tak dinyana ternyata suara pintu kayu itu terbuka, karena Ratu Suri Hj Sri Rahmawati membawakan sepotong kue ulang tahun dihiasi lilin menyala diatasnya. Kemudian satu kue ulang tahun lainnya dibawakan Hendri SE yang merupakan kerabat Keraton tersebut.

Sontak, obrolan tersebut terhenti, dan seketika berpaling serta reflek berdiri karena mendengar lantunan lagu selamat ulang tahun.

Sejatinya, Pangeran Ratu Surya Negara ini tak mengira, akan mendapatkan suprise tersebut, pada hari ulang tahunnya ke-57 yang jatuhnya pada hari Sabtu (9/4/2022).

Kentara terdengar suara sedikit terbata-bata Pangeran Ratu karena terbawa rasa gembira, dan tak terpikirkan akan mendapatkan suprise tersebut. Kemudian Pangeran Ratu langsung meniup lilin pada kedua kue ulang tahun tersebut.

“Terima (terima) kaseh ngah (kasih ya),” ucapnya.

Seketika Pangeran Ratu langsung meminta para laskar Keraton untuk menghidupkan lampu di ruangan depan singgasana. Kemudian duduk diatas tikar permadani dengan berhadapan untuk memanjatkan doa.

Tampak hadir saat itu, Ketua Masjid Agung Al-Muawwanah, Gusti Zulmainis, Hendri SE, Robby Kurniawan, Tam Eddy, Bang Kadar dan laskar Keraton Surya Negara.

“Selamat milad Abah,” ucap Ratu Suri Hj Sri Rahmawati.

Lambok Siahaan mendoakan agar Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara Drs H Gusti Arman M Si selalu diberikan kesehatan dan keselamatan dan tetaplah menjadi rendah hati dan selalu terpanggil membantu masyarakat.

” Selamat panjang umur ya Gus, semoga tetap rendah hati dan selalu terpanggil membantu masyarakat dalam kondisi apapun,” ucapnya sembari menyalami sohibnya Raja Sanggau tersebut.

Secara bergantian Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara Drs Gusti Arman M Si mendapatkan ucapan selama dari kerabatnya yang hadir saat itu.

Sementara, Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara, Drs Gusti Arman M Si mengatakan bersyukur dengan bertambahnya usia tetap diberikan kesehatan dari Allah SAW.

Ditambahkan, sebelumnya melalui whattshap group dirinya kebanjiran ucapan dari para Raja-raja se Nusantara dan para pejabat serta koleganya. Tak sedikit yang menelpon langsung untuk menyampaikan ucapan selama ulang tahun.

“Puji syukur selalu kita panjatkan, dengan usia yang terus bertambah, dan diberikan kesehatan. Dalam sehari ini, ucapan yang masuk ke handphone dari raja-raja se Nusantara, para pejabat, kawan-kawan,” ucapnya.

 

 

Pewarta : Sery Tayan

Editor     : Sery Tayan

 

 


Bagikan

Berita Terbaru

  • Kalimantan Today

Ruas Jalan Kategori Mantap di Kabupaten Sanggau Bakal Naik Jadi 42 Persen – Kalimantan Today

Foto—Plt. Kepala PUPR Kabupaten Sanggau, Aris Sudarsono   KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Enam dari tujuh proyek strategis daerah Kabupaten Sanggau tahun 2024 berupa peningkatan ruas jalan. Nilainya pun mencapai puluhan miliar. Jika proyek tersebut selesai nantinya, maka…

9 jam lalu
  • Kalimantan Today

Kejari Sanggau Siap Kawal dan Amankan Proyek Strategis Daerah 2024 – Kalimantan Today

Foto–Kasi Intelijen Kejari Sanggau, Adi Rahmanto   KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau selaku aparat penegak hukum siap mengawal dan mengamankan pengerjaan yang merupakan proyek strategis daerah Kabupaten Sanggau. Demikian ditegaskan Kepala Seksi Intelijen (Kastel)…

17 jam lalu
  • Kalimantan Today

Tujuh Proyek Strategis Daerah Kabupaten Sanggau 2024, Ini Rinciannya – Kalimantan Today

Foto—Aris Sudarsono, Plt. Kepala Dinas PUPR Kabupaten KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sanggau, Aris Sudarsono menyebut ada tujuh proyek strategis daerah Kabupaten Sanggau tahun 2024. “Untuk progresnya sampai…

20 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun Facebook dan WhatsApp Mengatasnamakan Brigjen Pol Yehu Wangsajaya – 23/04/2024

Penjelasan : Beredar akun Facebook dan WhatsApp yang mengatasnamakan Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Yehu Wangsajaya. Akun tersebut terlihat menggunakan nama dan foto pro?l Brigjen Pol Yehu Wangsajaya. Faktanya, akun Facebook dan WhatsApp yang mengatasnamakan…

23 jam lalu