Pemkab Kubu Raya akan sediakan pelayanan vaksinasi COVID-19 di masjid

Pemkab Kubu Raya akan sediakan pelayanan vaksinasi COVID-19 di masjid



Pontianak (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya di Provinsi Kalimantan Barat akan menyediakan pelayanan vaksinasi COVID-19 di masjid-masjid seusai shalat tarawih guna mempercepat penuntasan pelaksanaan vaksinasi di wilayahnya.

“Langkah ini kita lakukan untuk mengejar target 100 persen warga tervaksinasi,” kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Jumat.

“Pelayanan vaksinasi COVID-19 di masjid-masjid ini kita berikan karena kalau malam hari tentunya masyarakat tidak banyak lagi aktivitas yang dilakukan, sehingga ketika masyarakat telah melaksanakan shalat tarawih tentunya akan lebih mudah dan ringan,” ia menambahkan.

Bupati mengatakan bahwa pemerintah kabupaten utamanya akan menyediakan pelayanan vaksinasi COVID-19 di masjid-masjid besar dengan jamaah banyak.

“Jika ada inisiatif dari pengurus masjid lainnya, silakan datang ke Dinas Kesehatan maupun puskesmas untuk (mengajukan permohonan agar bisa) memberikan pelayanan vaksinasi,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggiatkan pelayanan vaksinasi untuk mempercepat penuntasan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada 432.686 orang dari 610.392 penduduk kabupaten yang menjadi sasaran vaksinasi.

“Kita yakin, hal yang paling terpenting itu adalah kualitas dari proses vaksinasi ini, sehingga semua upaya yang kita lakukan ini benar-benar memberikan kesadaran kepada masyarakat agar tidak takut lagi untuk divaksinasi. Apalagi kita sudah memberikan hadiah utama vaksinasi kepada dua warga yang beruntung berupa paket umrah,” kata Bupati.

Di Kabupaten Kubu Raya, menurut data terkini Kementerian Kesehatan vaksinasi COVID-19 dosis pertama sudah dilakukan pada 331.922 orang atau 76,71 persen dari sasaran, vaksinasi dosis kedua sudah dilakukan pada 247.901 orang atau 57,29 persen dari target, dan vaksinasi penguat baru dilakukan pada 32.155 orang atau 7,42 persen dari target.