Categories: Antaranews

Program PTSL 2022 di Bengkayang ditargetkan sebanyak 3.366 bidang tanah



Pontianak (ANTARA) – Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat Herculanus Ricard Lassa menyebutkan program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) pada 2022 ditargetkan mencakup sebanyak 3.366 bidang tanah.

“Program PTSL dengan target capaian 3.366 bidang tanah tersebut tersebar di 19 desa. Kami menargetkan untuk PTSL 2022 ini bisa rampung di pada September 2022 mendatang . Namun, hal itu dengan syarat tak ada masalah krusial yang terjadi,” ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa untuk tahapan PTSL sampai Maret 2022, pihaknya masih melakukan proses penyuluhan kepada masyarakat. Setelah penyuluhan, tahapan selanjutnya adalah melakukan pengambilan data fisik dan pengukuran serta pengambilan data yuridis bidang tanah yang masuk PTSL.

“Terkait kendala tentu kami tidak menampik pasti ada di lapangan. Yang terpenting adalah koordinasi selalu dijaga antara BPN dan pihak desa terkait karena kalau koordinasi dan komunikasi lancar, semua pekerjaan tentu bisa kita selesaikan,” jelas dia.

Ia mengimbau jelang pengadaan PTSL ini agar masyarakat untuk memasang patok di masing-masing tanah sesuai kepemilikan. Hal itu karena dari patok tersebut nantinya bisa dilihat apakah tanah tersebut bermasalah atau tidak.

“Jadi, kalau sudah dipasang patok itu mempermudah tim kita dalam pengerjaannya di lapangan,” katanya.

Untuk realisasi program PTSL 2021, pihaknya telah menyelesaikan dengan total 5.539 bidang tanah. Angka tersebut merupakan jumlah capaian total dari target yang dipatok BPN Bengkayang di 9 di seluruh wilayah Kabupaten Bengkayang.

“Untuk 2021 lalu, bersyukur program PTSL kita bisa selesaikan semua tanpa hambatan yang berarti. Kami sudah diserahkan pada masyarakat penerima PTSL,” jelasnya.




Bagikan

Berita Terbaru

  • Diskominfo

PJ Bupati Sanggau Hadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mukok

//DISKOMINFO – SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok. Kamis (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah…

7 jam lalu
  • Diskominfo

Pj Bupati Sanggau Menghadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mokuk

SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok, Rabu (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui…

7 jam lalu
  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

12 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Direktur Utama PDAM Lombok Tengah, Bambang Supratomo – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar akun WhatsApp yang mengatasnamakan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Ardhia Rinjani (Tiara) Lombok Tengah, Bambang Supratomo. Akun tersebut mengirimi pesan menawarkan untuk mengikuti program acara bonus-bonusan kendaraan mobil…

16 jam lalu