Pemkab Kubu Raya raih penghargaan Kementerian PANRB



Pontianak (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) atas prestasinya dalam akuntabillitas kinerja tahun 2021.

“Kami menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang telah konsisten melakukan berbagai perbaikan sehingga mendapatkan predikat RB-SAKIP B, BB, A, dan AA,” kata Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini di Jakarta, Selasa.

Menurutnya, dari hasil evaluasi SAKIP dan RB pada tahun 2021 secara nasional yang menunjukkan tendensi hasil positif, salah satunya adalah Kabupaten Kubu Raya.

Rini mengatakan, implementasi SAKIP merupakan bagian dari transformasi cara dan budaya kerja melalui penerapan manajemen kinerja sektor publik dan anggaran berbasis kinerja. Seluruh instansi pemerintah dituntut untuk dapat mempertanggungjawabkan dan meningkatkan kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil.

Menurutnya, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dengan predikat C dan CC, diharapkan para Gubernur, Bupati, Wali Kota, dan Sekretaris Daerah untuk meningkatkan komitmen dan fokus pada kinerja yang memberikan manfaat dan dampak signifikan untuk masyarakat, serta fokus pada upaya perubahan konkret dalam pelaksanaan reformasi birokrasi.

“Saya ingin mengingatkan kembali bahwa hakikatnya pelaksanaan RB dan SAKIP ini ditujukan untuk kepentingan masyarakat. Kami mengajak seluruh jajaran instansi pemerintah terus bertransformasi menjadi birokrasi yang bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, apa yang diraih Pemkab Kubu Raya ini menjadi bukti keseriusan jajaran Pemkab Kubu Raya untuk meningkatkan kinerja guna memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

“Penghargaan ini bisa diraih sebagai bukti keseriusan Pemkab Kubu Raya untuk melakukan perubahan dan inovasi yang lebih baik dalam melayani masyarakat,” tuturnya.

Sejauh ini kata Muda, pihaknya terus melakukan pembaruan dari layanan dan birokrasi pemerintahan. Ke depan, pihaknya juga akan terus berupaya agar semua program yang dilaksanakan bisa berjalan dengan baik dan optimal.

“Ini bisa kita raih juga atas kerja keras dan semangat Kepong Bakol (gotong royong) dari semua OPD dan perangkat desa yang bergerak bersama sehingga program kita bisa terukur, sistematis dan betul-betul bisa dilihat indikatornya secara jelas dan dirasakan oleh masyarakat,” kata Muda.