Ziarah ke Makam Pejuang Pangsuma

Ziarah ke Makam Pejuang Pangsuma


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau Beserta Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot melakukan ziarah dan tabur bunga ke Makam Pangsuma, pejuang kemerdekaan asal Kabupaten Sanggau di Jalan Djoko Soedarmo, Desa Meliau Hilir, Kecamatan Meliau, Jumat (1/4/2022). Ziarah ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-406 Kota Sanggau.

ziarah ini merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan kepada tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia yang bergerilya melawan penjajah Jepang di Meliau.

Pangsuma, telah berjuang membebaskan Meliau dari penjajahan Jepang. “Untuk Pangsuma ini, sejarah yang mungkin kita sudah tahu persis sepak terjangnya pada waktu itu, pada zaman penjajahan Jepang. Bagaimana upaya-upaya dia mengusir Jepang di kawasan Meliau,

Di komplek Makam Pangsuma ini, ada pula beberapa makam pejuang lain seperti Pak Timbang, Nenek Timbang, Pak Burung.

Ziarah ini untuk mengingat kembali sebagai tanda penghormatan. dengan ziarah ini ada damai dalam hidup para pejuang itu di surga.

“Berharap mereka juga mendoakan kita. Agar Sanggau secara khusus dan Indonesia secara umum bisa nyaman, aman dan damai. NKRI harga mati,”.