Ritual Adat Pedagi Macan Lojank

Ritual Adat Pedagi Macan Lojank


Kepala Disdikbud Kab.Sanggau, Sudarsono, S.AP mengikuti Ritual Adat Pedagi Macan Lojank, di Dusun Borang, Desa Kambong, Kecamatan Kapuas, Rabu (30/3/2022). Kegiatan ini masih merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-406 Kota Sanggau Tahun 2022, dengan tema Sanggau Bergotong Royong, Harmonis dan Inovatif Untuk Kesejahteraan Bersama,

Di Hadiri Bupati Sanggau, juga sekaligus meresmikan sebuah bangunan yang akan digunakan sebagai tempat dilangsungkan Ritual Adat Pedagi Macan Lojank di lokasi bersejarah tersebut.

Setelah mengikuti rangkaian kegiatan ritual, menyampaikan permohonan doa dan meminta para orang tua mendoakan dengan harapan Sanggau lebih maju dan lebih baik lagi. menjaga bangunan yang telah dibangun dan menjaga situs karena merupakan bagian dari sejarah berdirinya Kota Sanggau.

Kemudian pada saat tersebut juga diserahkan secara simbolis bantuan berupa alat-alat musik kepada Kepala Dusun untuk digunakan saat kegiatan adat di Dusun Borang.

“Baik, masyarakat Desa Kampung, secara khusus masyarakat Borang, ini adalah bantuan pemerintah untuk sanggar di sini dan digunakan khusus untuk acara adat seperti ini. Ini diberikan karena setiap tahun kita melaksanakan ritual seperti ini, nanti yang menyimpan dan merawat adalah Kepala Dusun Borang.