Pemuda Muhammadiyah Ajarkan Pemuda Berwirausaha dan Berjiwa Sosial

Pemuda Muhammadiyah Ajarkan Pemuda Berwirausaha dan Berjiwa Sosial



Ketapang (ANTARA) – Pemuda Muhammadiyah Ketapang malaksana beberapa agenda selama Ramadan 2022. Di antaranya mengajarkan para pemuda berwira usaha dan berjiwa sosial. 

“Mengajarkan berwira usaha, kita ada membuka kedai Ramadan dan menjaring tenaga bagi para pemuda untuk menjalankannya,” ungkap Sekretaris Pemuda Muhammadiyah Ketapang, Eka Tri Prasetiya di Ketapang, Senin. 

Ia melanjutkan, sedangkan mengajarkan berjiwa sosial, pihaknya melaksanakan silaturahmi buka puasa bersama ke panti asuhan dan lainnya. “Kegiatan sosial ini dalam rangka muhasabah diri dan mengajak kepedulian para pemuda terhadap sesama, khususnya pada anak-anak panti asuhan,” tururnya. 

Eka menambahkan, terkait pelaksanaan awal puasa tahun ini, Pemuda Muhammadiyah Ketapang memulainya pada 2 April. Lantaran pihaknya mengikuti maklumat yang dikeluarkan Pimpinan Pusat Muhammdiyah, bahwa 1 Ramadan dimulai tanggal 2 April 2022.

Menurutnya meski berbeda dengan keputusan Pemerintah yang memulai puasa pada 3 April. Ia mengajak masyarakat jangan terfokus pada perbedaan yang hanya 1 hari. Terlebih ada 28 hari puasa yang dijalankan bersamaan.

“Jadi Ramdahan yang merupakan bulan suci dan ditunggu-tunggu oleh umat muslim di manapun berada. Saya mengajak semua lapisan masyrakat jangan fokus pada perbedaan itu. Tapi mari kita berlomba-lomba dalam hal kebaikan dan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” imbaunya.