Dinkes Kubu Raya tetap gencarkan vaksinasi sepanjang Ramadhan

Dinkes Kubu Raya tetap gencarkan vaksinasi sepanjang Ramadhan



Pontianak (ANTARA) – Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat tetap menggencarkan layanan vaksinasi COVID-19 selama Ramadhan di 20 puskesmas dan sejumlah titik lainnya yang ditentukan untuk memudahkan jangkauan masyarakat mendapatkan vaksinasi tersebut.

“Untuk pelayanan vaksinasi COVID-19 selama Bulan Ramadhan ini tetap kita laksanakan, bahkan kita terus melakukan berbagai upaya untuk mengejar capaian vaksinasi COVID-19 di Kubu Raya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya Marijan di Sungai Raya, Senin.

Pada 4-8 April 2022, pihaknya akan melaksanakan vaksinasi untuk dosis pertama hingga ketiga dengan jenis Sinovac, Moderna, Pfizer, dan Covovax di Gaia Mall Kubu Raya.

“Bahkan untuk memaksimalkan layanan vaksinasi bagi lansia, kami juga melaksanakan kompetisi Pahlawan Lansia Siap (Semangat Dapat Vaksinasi Lengkap) mengingat capaian vaksin untuk lansia kita masih rendah,” katanya.

Marijan menjelaskan hingga Minggu (3/4), vaksinasi COVID-19 di Kubu Raya untuk penyuntikan pertama mencapai 76,51 persen, penyuntikan kedua 56,60 persen dan penyuntikan ketiga 6,54 persen.

“Jadi rata-rata untuk capaian V1 (penyuntikan pertama) dan V2 (penyuntikan kedua) kita itu sudah mencapai 66,55 persen. Untuk itu, kami mengimbau kepada masyarakat yang belum vaksin atau yang sudah vaksin V1 dan V2 untuk segera mendapatkan vaksinasi lanjutan di 20 puskesmas yang tersebar di Kubu Raya,” katanya.

Total kasus konfirmasi COVID-19 di Kubu Raya hingga Senin ini 6.278 kasus dengan rincian 6. 216 kasus konfirmasi lokal dan 62 kasus dari luar wilayah.

“Sedangkan untuk kasus sembuh sampai dengan tanggal 4 April mencapai 5.983 orang dan yang masih dirawat saat ini sebanyak 97 orang, sedangkan untuk kasus meninggal sebanyak 136 orang,” kata dia.