DISKOMINFO

Ikut Ritual Adat Pedagi Macan Lojank, Paolus Hadi: Hormati Leluhur dan Adat Istiadat Kita


SANGGAU – Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP., M.Si mengikuti Ritual Adat Pedagi Macan Lojank. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke – 406 Kota Sanggau Tahun 2022, dengan tema “Sanggau Bergotong Royong, Harmonis dan Inovatif Untuk Kesejahteraan Bersama”, kegiatan tersebut dilaksanakan di Dusun Borang, Desa Kambong, Kecamatan Kapuas, Rabu (30/3/2022).


Bupati Sanggau juga sekaligus meresmikan sebuah bangunan yang akan digunakan sebagai tempat dilangsungkan Ritual Adat Pedagi Macan Lojank di lokasi bersejarah tersebut.


Pada kesempatan tersebut Kepala Desa Kambong, Nuai, S.Pd menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Sanggau yang telah membangun
“Tentu kami berterima kasih atas kehadiran Bupati Sanggau yang hari ini hadir langsung ke tempat ini, kami juga berterima kasih atas bangunan ini, tempat leluhur ini yang telah dibangun dan diresmikan tadi oleh pak Paolus Hadi,” Ujar Nuai.

Kemudian Bupati Sanggau setelah mengikuti rangkaian kegiatan ritual juga menyampaikan bahwa ia telah memohon doa dan meminta para orang tua mendoakan dengan harapan Sanggau lebih maju dan lebih baik lagi.
“Hari ini saya senang, saya bisa datang, sudah yang keenam kali ritual di Borang ini dan baru kali ini saya bisa ke Borang mengikuti ritual adat yang ada,” Ucap Paolus Hadi.

“Tadi orang tua kita sudah mendoakan banyak untuk kita semua, untuk kemakmuran masyarakat Sanggau. Kita tentu menghormati para leluhur kita, kita juga melakukan doa secara adat kita,” lanjutnya.


Kemudian ia berpesan agar menjaga bagunan yang telah dibangun dan menjaga situs karena merupakan bagian dari sejarah berdirinya Kota Sanggau.
“Pesan saya, pertama, tempat makamnya macan lojank kita pelihara, tanah yang ada jangan dikuras, dipertahankan keasrian alamnya. Dari Pemerintah kita sudah membuat bangunannya, untuk kedepannya karena itu merupakan situs sejarah Kota Sanggau, mari kita jaga dan pelihara betul,” Pesan Paolus Hadi.

Ia juga menyampaikan agar kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya walaupun ia tidak menjabat sebagai bupati lagi nantinya.
“Saya sebagai bupati saat ini berharap agar perayaan Hari Ulang Tahun kota Sanggau dan kegiatan ritual yang ada tetap dilanjutkan karena telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah yang disetujui DPRD maka setiap tahun akan kita rayakan,” Jelas orang nomor satu di Sanggau tersebut.

Di akhir sambutannya ia berharap agar panen para masyarakat berhasil, dan berharap agar masyarakat sanggau semakin sejahtera dan diberikan Kesehatan oleh Tuhan yang Maha Kuasa.
“Bapak-Ibu tetap semangat, semoga tahun ini rezeki panennya bagus, kita turut berdoa kita bekerja, saya doakan agar kita semuanya sehat dan semoga dengan ini kita semakin lebih baik,” imbuh Bupati Sanggau Paolus Hadi.


Kemudian pada saat tersebut juga diserahkan secara simbolis bantuan berupa alat-alat musik kepada Kepala Dusun untuk digunakan saat kegiatan adat di Dusun Borang.
“Baik, masyarakat Desa Kampung, secara khusus masyarakat Borang, ini adalah bantuan pemerintah untuk sanggar di sini dan digunakan khusus untuk acara adat seperti ini. Ini diberikan karena setiap tahun kita melaksanakan ritual seperti ini, nanti yang menyimpan dan merawat adalah Kepala Dusun Borang”, Ucap Paolus Hadi saat menyerahkan bantuan alat musik tersebut.