Wabup Kapuas Hulu: Restorative justice ciptakan rasa keadilan

Wabup Kapuas Hulu: Restorative justice ciptakan rasa keadilan



Kapuas Hulu (ANTARA) – Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat mengatakan keadilan restorative lebih mengedepankan menciptakan rasa keadilan dalam suatu tindak pidana di tengah masyarakat.

Restorative justice untuk kepastian hukum yang lebih mengedepankan keadilan,” kata Wahyudi Hidayat, saat meresmikan Rumah Restorative justice, di Kelurahan Kedamin Hulu Putussibau Selatan Kapuas Hulu, Selasa.

Baca juga: Wabup Kapuas Hulu bertemu Sandiaga Uno bahas wisata Danau Sentarum

Untuk itu, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu mendukung dan mengapresiasi program restorative justice dari Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

Konsep restorative justice merupakan suatu pendekatan yang lebih menitikberatkan pada kondisi terciptanya keadilan dan kesimbangan bagi pelaku tindak pidana serta korbannya sendiri.

Dia berharap dengan adanya restorative justice tersebut terwujud penanganan perkara secara cepat, sederhana dan biaya ringan, serta terwujudnya kepastian hukum yang lebih mengedepankan keadilan yang tidak hanya bagi tersangka, korban dan keluarganya tetapi juga keadilan yang menyentuh masyarakat.

Baca juga: Wabup Kapuas Hulu sebut parpol mitra pemerintah dalam membangun daerah

Oleh sebab itu, Wahyudi menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu sangat mendukung adanya rumah restorative justice, dengan demikian tercipta rasa keadilan bagi masyarakat dalam suatu tindak pidana.

Selain itu, Dia juga mengharapkan kedepannya kejaksaan dan tokoh agama serta tokoh masyarakat bisa bekerja sama dalam menyelesaikan setiap permasalah yang ada di tengah masyarakat.

“Kita harus menjadi bagian penting dalam langkah komunikasi inisiatif bersama kejaksaan, kalau ada masalah hukum di masyarakat utamakan bisa diselesaikan,” pinta Wahyudi.

Saat peresemian rumah tersebut dihadiri Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat secara virtual dan Ketua DPRD Kapuas Hulu serta sejumlah pejabat penting lainnya di wilayah Kapuas Hulu.

Baca juga: Kunjungi daerah terpencil di Kalimantan Wabup jatuh dari sepeda motor
Baca juga: Hut ke-65 Pemprov Kalbar Wabup Kapuas Hulu memakai pakaian adat Madura