Koperasi di Kayong Utara yang tercatat banyak yang tidak aktif



Kayong Utara (ANTARA) – Pejabat fungsional Koperasi di bidang Koperasi dan  UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan,  Koperasi dan UKM   Sadikin mengatakan bahwa koperasi di Kayong Utara yang tercatat banyak yang tidak aktif dengan berbagai permasalahan yang ada.

  “Tercatat sebanyak  103 koperasi, dan  banyak juga yang tidak aktif koperasi yang ada, kita sebagai pemerintah hanya melakukan pendampingan saja  dan membantu untuk mendaftarkan koperasinya,”kata Sadikin di Sukadana.
Menurutnya untuk di Kayong Utara sendiri terdapat banyak jenis koperasi namun yang dominan koperasi yang bergerak  di bidang perkebunan dan bongkar muat.

“Biasanya itu persoalan yang ada seperti pengurusan tidak lengkap, biasenye kalau membuat koperasi orientasinya hanya untuk bantuan  saja,” jelasnya.

Namun demikian, pihaknya terus melakukan upaya peningkatan kapasitas anggota koperasi dengan  melakukan pelatihan  kepada koperasi yang ada.

 “Tidak lama lagi kita akan melakukan pelatihan  akuntasi yang pesertanya anggota koperasi yang di Kayong Utara,”tambahnya