Categories: Diskominfo

Bupati Sanggau Kepada Calon Kades di Pilkades 2022: Kalian Harus Siapkan Mental, Menang Atau Kalah


SANGGAU – Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP., M.Si Membuka Sosialisasi Kewaspadaan Dini Potensi Konflik dan Deklarasi Damai Pilkades Serentak Kabupaten Sanggau Tahun 2022 yang dilaksanakan di Ruang Musyawarah Lt.I Kantor Bupati Sanggau pada Selasa (29/3/2022).


Dalam kesempatan tersebut kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Antonius menyampaikan bahwa para calon kepada desa yang akan ikut pada pemilihan kades bulan mei mendatang akan diberi pembinaan khusus.
“Dalam menghadapi kegiatan pemilihan kepala desa tahun ini pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Badan Kesbangpol berniat melakukan pembinaan khususnya terhadap para kepala desa yang akan bertarung untuk mendapatkan simpati masyarakat pada bulan Mei yang akan datang,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan tujuannya adalah agar calon kades mendapat pemahaman sehingga tetap menjaga keamanan dan ketertiban dan mencegah adanya konflik di masyarakat.
“Kita tidak menginginkan adanya kegiatan Pilkades yang menyebabkan timbulnya konflik di daerah kita, khususnya di daerah-daerah pelaksanaan Pilkades untuk itulah maka upaya menciptakan suasana daerah yang kondusif adalah merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama,” ucap Antonius.


Selanjutnya Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.IK. juga menyampaikan agar yang terpilih tidak sombong dan bagi yang tidak terpilih agar tetap lapang dada sehingga tidak menimbulkan keributan di masyarakat.
“Saya berpesan agar nantinya yang terpilih menjadi kepala desa, untuk tidak menyombongkan diri dan juga untuk yang tidak berhasil memenangkan suara harus tetap tenang menerima hasilnya, harus legowo, tidak perlu harus menimbulkan keributan, apalagi menggerakkan masa dan sebagainya yang menyebabkan kondusi tidak kondusif,” Pesan Kapolres Sanggau kepada para calon kades.


Dandim 1204 Sanggau juga Lekol Inf. Bayu Yudha Pratama juga menyampaikan bahwa TNI siap melaksanakan pengamanan pada saat pelaksanaan pilkades mendatang.
“Kami dari kodim sudah siap mengamankan pilkades tahun ini, dan tentu harapan kita sama seperti apa yang disampaikan oleh pak kapolres. Persaingan itu biasa, untuk para calon tentu sudah memahami di setiap kompetisi itu ada yang menang dan ada yang kalah. Kedepannya yang kalah harapannya tetap menerima dan mendukung program-program Kades yang terpilih,” Jelas Dandim 1204 Sanggau.


Di kesempatan yang sama Bupati Sanggau juga berpesan kepada para calon kades agar tidak usah membuat keributan dan harus siap mental.
“Saya terang-terangan saja, saya sudah hafal dengan yang begini, kalian para Calon Kades di rem-rem sikit pengeluarannya, jangan nanti bangkrut, lalu mulai nak ribut. Saya tekankan kepada Calon kades, kalian jangan membuat keributan, untuk Pak Dandim, Pak Kapolres dan Kajari Saya minta untuk tindak tegas bagi yang membuat rebut,” ujar Paolus Hadi.

Ia kemudian berpesan agar bijaksana bermedia sosial dan jangan mudah terhasut karena biasanya potensi ribut itu akibat termakan berita hoax dari media sosial.
“Kalian harus siapkan mental, baik untuk menang dan kalah, yang nama nya persaingan itu wajar, apalagi sekarang media sosial ni salah satu yang bisa menimbulkan keributan, untuk yang di daerahnya belum ada jaringan ya aman lah tapi jangan mudah dihasut kabar-kabar yang tidak jelas kebenarannya,” pesan Bupati.

Kemudian di akhir sambutan Bupati Sanggau berpesan kepada panitia penyelenggara untuk jujur dan adil selama proses pilkades mendatang.
“Untuk panitia pelaksana saya pesankan untuk jujur dan adil, jangan sampai ada yang memalsukan suara atau hal lainnya dapat memicu keributan. Kalian harus transparan dan terbuka sehingga diharapkan seluruh prosesnya dapat berjalan dengan baik,” Ucap Bupati Sanggau.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

20 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang memperlihatkan adanya kebocoran air yang cukup deras di sebuah dinding terowongan yang diduga adalah terowongan bawah laut. Dalam unggahan video tersebut juga terdengar suara teriakan…

20 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengambilan Bansos THR dengan KTP di ATM – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Twitter/X sebuah video memperlihatkan seseorang mengambil uang dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilengkapi narasi narasi yang mengeklaim bahwa pengambilan dana bantuan sosial…

20 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Tentara Merah Cina Berdatangan Setiap Jam ke Indonesia Mulai 1 April 2024 – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim ratusan Tentara Merah Cina memasuki Indonesia setiap jam secara bertahap melalui suatu bandara. Unggahan video tersebut dilengkapi dengan narasi "1 April 2024 tentara-tentara…

20 jam lalu