DISKOMINFO

Pelatihan Teknis Pengelolaan Penatausahaan Keuangan Daerah Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau Tahun 2022


//Diskominfo Sanggau//

Sanggau, Bupati Sanggau dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Ir. Kukuh Triyatmaka, MM, membuka kegiatan Pelatihan Teknis Pengelolaan Penatausahaan Keuangan Daerah Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau Tahun 2022, bertempat di Ruang Musyawarah Kantor Bupati Sanggau lantai 2, Senin 28 Maret 2022.

Keuangan daerah merupakan semua hak dan kewajiban daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah yang dapat dinilai dengan uang termasuk didalamnya segala bentuk kekayaan yang berhubungan dengan hak dan kewajiban daerah.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sanggau, Herkulanus Heri Purnama, SH, mengatakan tujuan dari dilaksanakannya pelatihan ini adalah memberikan pemahaman bagi bendaharra tentang aturan dan praktek system dan prosedur penatausahaan perbendaharaan daerah pada pelaksanaan anggaran SKPD keuangan daerah dalam hal penataan penerimaan kas organisasi dan penatausahaan pengeluaran kas organisasi.

“Penatausahaan keuangan di perangkat daerah yang di mana sering mengalami keterlambatan dan kebingungan, hal ini patut kita sadari bersama karena para pengelola keuangan di perangkat daerah yang menjabat bendahara itu ada yang berganti seiring dengan adanya pegawai negeri sipil yang pensiun dan ada sebagian yang dimutasikan sehingga diangkatlah para bendaharawan baru yang sampai dengan saat ini belum pernah diberikan pelatihan-pelatihan teknis sehingga pada saat proses keuangan misalnya pencairan keuangan dan sebagainya banyak yang berkonsultasi langsung ke BPKAD terkait dengan hal-hal teknis sehingga hal tersebut tentu menyita waktu,” ujarnya.

Bupati Sanggau melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau berharap seluruh peserta dapat engikuti kegiatan pelatihan dengan serius dan bukan hanya sekdar formalitas.

“Kami berharap untuk seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan semangat, karena kita sudah mendangkan narasumber jauh-jauh dari provinsi. Kegiatan ini jangan hanya sekedar formalitas sehingga selesai mengikuti pelatihan, seluruh bendaharawan dapat mengimplementasikan di tempat tugasnya masing-masing,” harapnya.

Penulis: Izar