Masyarakat Sambas sambut antusias Pangan Murah Disket Pangan Kalbar

Masyarakat Sambas sambut antusias Pangan Murah Disket Pangan Kalbar



Pontianak (ANTARA) – Kegiatan Gelar Pangan Murah Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar dalam rangka mendukung stabilitas ketahanan dan harga pangan menjelang Ramadhan disambut antusias masyarakat Kecamatan Sejangkung, Kabupaten Sambas.

“Kami sangat berterima kasih kepada Gubernur Kalbar, dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar yang telah memberikan perhatian yang luar biasa kepada masyarakat Kabupaten Sambas, khususnya Kecamatan Sejangkung, gelaran pangan murah inilah yang selama ini dinanti oleh masyarakat,” ujar Bupati Sambas, Satono saat dihubungi di Sejangkung, Senin.

Satono mengatakan Gelaran Pangan Murah tersebut sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kabupaten Sambas khususnya Kecamatan Sejangkung menjelang Ramadhan.  Menurutnya kegiatan tersebut sangat membantu masyarakat sebab semua bahan pokok tersedia dengan harga terjangkau. Ia berharap, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar melakukan gelaran pangan murah secara berkala di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Sambas.

“Kegiatan seperti ini sangat penting dalam rangka membantu perekonomian masyarakat Kabupaten Sambas. Mudah-mudahan gelaran pasar murah ini bisa terus dilakukan secara berkala, tinggal bagaimana kita mengkondisikan ke depan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar, Heronimus Hero menjelaskan melalui Gelar Pangan Murah tersebut akses masyarakat untuk mendapatkan pangan lebih dekat. Selain itu dengan kegiatan tersebut masyarakat mendapat harga di bawah harga pasar.

“Saat hari besar keagamaan tentu kebutuhan masyarakat meningkat. Nah, itu kami hadir mendekatkan akses. Selain itu harga yang kami berikan di bawah pasar karena ada subsidi dari pemerintah provinsi,” kata dia.

Dalam kegiatan itu Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar menyediakan 10 ton beras dengan harga jual hanya Rp8.800 per kilogram. Kemudian ada 3 ton gula pasir tersedia dengan harga jual Rp12.000 per kilogram.

Minyak goreng juga tersedia 3 ton dengan harga jual Rp18.000 per liter. Bawang merah 1 ton dengan harga Rp13.000 per 1/2 kilogram dan bawang putih Rp12.000 per 1/2 kilogram. Telur ayam juga tersedia  10.000 butir  atau setara 635 kilogram dengan harga jual Rp21.000 per kilogram. Selanjutnya ada susu kental manis kaleng yang akan dihadirkan Pemerintah Kabupaten Sambas.

“Kegiatan yang mulai pukul 08.30 – 15.00 WIB berjalan lancar. Semua atas dukungan pemerintah daerah dan masyarakat itu sendiri,” katanya.