Pemkab Kubu Raya perkuat program penghijauan di sekolah

Pemkab Kubu Raya perkuat program penghijauan di sekolah



Pontianak (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat,  akan memperkuat program penghijaun di sekolah, untuk menanamkan pendidikan mengenai pentingnya pelestarian lingkungan bagi kaum pelajar.

“Semangat gerakan menanam pohon ini menjadi suatu keharusan agar lingkungan kita bisa lebih segar dan hijau, sehingga kita harus ikut berkontribusi dalam menyikapi perubahan iklim,” kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Minggu.

Menurutnya, kegiatan ini akan diperkuat lagi di sekolah-sekolah agar anak-anak Kubu Raya ke depan menjadikan kebiasaan menanam pohon sebagai bagian dari rasa tanggung jawab menjaga kelestarian lingkungan.

“Ini tentunya juga akan berdampak bagi perbaikan kualitas udara dan resapan air yang lebih baik,” tuturnya.

Menurut Muda, hutan dan pendidikan adalah masa depan serta milik bangsa Indonesia yang harus terus ditanamkan kepada generasi penerus bangsa.

“Oleh karena itu perlu kepedulian semua pihak untuk menjaga lingkungan, hutan dan keanekaragaman hayatinya, sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia kehutanan,” katanya.

Hal tersebut, menurut dia, bertujuan agar langkah-langkah korektif dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga sumber daya hutan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.

“Untuk itu, perlu pendidikan dan peningkatan keterampilan generasi penerus dalam mengelola hutan di era milenial, agar hutan kita terus lestari dan masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari pengelolaannya,” kata Muda.