Categories: Antaranews

Polres Ketapang tangkap pelaku pencurian yang viral di media sosial



Ketapang (ANTARA) – Jajaran Polres Ketapang, Kalimantan Barat berhasil menangkap pelaku pencurian dengan kekerasan berinisial MM (29) yang terjadi di salah satu rumah warga Ketapang.

Aksi pelaku pencurian itu sempat viral di media sosial lantaran aksinya terekam CCTV di rumah korban.

“Pelaku mengancam korban dengan senjata tajam berupa sebilah arit, aksi pelaku terekam CCTV yang terpasang di rumah korban,” kata Kapolres Ketapang AKBP Yani Permana, di Ketapang, Sabtu.

Disampaikan Permana, pelaku masuk ke rumah korban melalui pintu samping dengan mengetuk pintu dan korban membuka pintu, kemudian pelaku langsung memeluk korban dan melakukan pengancaman dengan senjata tajam.

Karena merasa terancam, korban yang merupakan ibu rumah tangga, membawa pelaku masuk ke kamar dan mengambil uang sebesar Rp3 juta untuk diserahkan kepada pelaku.

“Setelah mendapatkan uang Rp3 juta dari korban, pelaku langsung melarikan diri,” ucap Permana.

Dia menuturkan, peristiwa itu terjadi Senin (21/3) sekitar pukul 20.45 WIB. Kemudian sekitar pada Kamis (24/3) sekitar pukul 16.00 WIB, Tim Buser Polres Ketapang berhasil menangkap pelaku MM yang sedang bersembunyi di salah satu penginapan di Jalan Sisingamangaraja Ketapang.

Selain pelaku, petugas kepolisian juga berhasil mengamankan barang bukti berupa handphone dan uang sebesar Rp800 ribu hasil kejahatan yang dilakukan pelaku serta sebilah arit yang digunakan pelaku mengancam korban.

Menurut Permana, pelaku terancam pasal 365 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Tentang pencurian dengan kekerasan, ancaman pidana maksimal 12 tahun penjara.

Atas peristiwa tersebut, Permana mengimbau kepada seluruh masyarakat Ketapang untuk tetap waspada terhadap situasi di sekitar.

“Tingkatkan keamanan seperti melalui pemasangan CCTV di lingkungan tempat tinggal dan laksanakan Siskamling dan lainnya dalam upaya menghilangkan potensi terjadinya tindak pidana,” pesan Permana.




Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

21 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang memperlihatkan adanya kebocoran air yang cukup deras di sebuah dinding terowongan yang diduga adalah terowongan bawah laut. Dalam unggahan video tersebut juga terdengar suara teriakan…

21 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengambilan Bansos THR dengan KTP di ATM – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Twitter/X sebuah video memperlihatkan seseorang mengambil uang dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilengkapi narasi narasi yang mengeklaim bahwa pengambilan dana bantuan sosial…

21 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Tentara Merah Cina Berdatangan Setiap Jam ke Indonesia Mulai 1 April 2024 – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim ratusan Tentara Merah Cina memasuki Indonesia setiap jam secara bertahap melalui suatu bandara. Unggahan video tersebut dilengkapi dengan narasi "1 April 2024 tentara-tentara…

21 jam lalu