Kain Tenun Sidan Kapuas Hulu juara I di Inacraft Award 2022

Kain Tenun Sidan Kapuas Hulu juara I di Inacraft Award 2022



Kapuas Hulu (ANTARA) – Kain Tenun Sidan asal Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat meraih juara I kategoril tekstil dengan penghargaan Best of the Best di ajang pameran kerajinan Inacraft 2022.

“Tenun Sidan Kapuas Hulu memiliki keunggulan karena terbuat dari pewarna alami tanaman daun kratom dan daun bunggur,” kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kapuas Hulu Angeline Fremalco, dihubungi ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Sabtu malam.

Disampaikan Angeline, kain Tenun Sidan Dekranasda Kapuas Hulu mempunyai spesifikasi dari benang katun dengan motif kaki kemubai, menggunakan warna alam daun kratom dan warna alam daun bunggur, dengan panjang 185 centi meter dan lebar 74 centi meter.

Dia mengatakan Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) memilih produk terbaik berstandar produk unggul dan telah dilakukan kurasi dari produk yang dipilih oleh dewan juri independen Inacraft.

Adapun kriteria yang dinilai pada Inacraft Awards 2022 adalah keunggulan, keaslian, inovasi, daya jual dan ramah lingkungan.

Angeline menjelaskan Inacraft Award merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada pengerajin yang ikut berpartisipasi dalam pameran Inacraft Award 2022.

“Kriteria itu dimiliki oleh kain Tenun Sidan Kapuas Hulu, ini sungguh membanggakan, potensi yang harus terus dikembangkan,” ucapnya.

Dia juga menuturkan kain Tenun Sidan asal Kapuas Hulu sudah sejak lama dikembangkan salah satunya oleh pengerajin di Desa Menua Sadap, Kecamatan Embaloh Hulu yang juga menggunakan pewarna alami dari tubuh-tumbuhan.

“Saya bersama Pak Bupati sudah pernah melihat pembuatan Tenun Sidan Desa Menua Sadap, potensi luar biasa yang akan kami kembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kapuas Hulu,” kata Angeline istri dari Bupati Kapuas Hulu.

Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu bersama Dekranasda Kapuas Hulu sudah mendirikan dan telah diresmikan gedung pusat promosi kerajinan Kapuas Hulu dengan tujuan untuk mempermudah dalam pemasaran kerajinan yang ada di Kapuas Hulu.

“Saya mendorong agar promosi dan penjualan produk unggulan kerajinan Kapuas Hulu salah satunya kain Tenun Sidan, melalui media sosial, kami akan bantu mendorong promosi potensi kerajinan Kapuas Hulu,” ujarnya.