Categories: Antaranews

Pemkan Kubu Raya fokus meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah tahun 2023



Pontianak (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat memfokuskan pembangunan peningkatan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi daerah berbasis partisipatif dan bernuansa religius didukung infrastruktur dasar dan pelayanan sosial dasar yang dituangkan pada Musrenbang RKPD tahun 2023.

“Musrenbang RKPD tahun 2023 yang kita laksanakan hari ini, merupakan bagian dari arah kebijakan pembangunan Kubu Raya tahun 2019-2024. Untuk itu pada RKPD tahun 2023 mendatang, kita akan fokus pada peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat membuka kegiatan Musrenbang RKPD Kubu Raya tahun 2023 di Sungai Raya, Jumat.

Muda menjelaskan, pada masa pemerintahannya bersama Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, terdapat 10 program prioritas pembangunan Kubu Raya yang akan dijalankan.

Di antaranya adalah, reformasi birokrasi, peningkatan dan pemerataan pelayanan pendidikan, peningkatan dan pemerataan layanan kesehatan, sinkronisasi, harmonisasi dan integritas program penanggulangan kemiskinan, hilirisasi produk pertanian menjadi produk agroindustri.

Selain itu ada juga program peningkatan daya saing koperasi dan UMKM, peningkatan kualitas dan cakupan pelayanan infrastruktur dasar dan pemukiman, peningkatan kualitas lingkungan hidup, peningkatan daya saing kepariwisataan dan peningkatan kesempatan kerja.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Kalimantan Barat Harisson mengatakan, penyusunan rencana pembangunan setiap tahunnya merupakan sebuah awal bagi setiap level pemerintah guna mencapai target kinerja pembangunan yang telah ditetapkan, baik dalam target jangka panjang maupun pembangunan jangka pendek.

“Hal ini dilakukan untuk mencapai target program yang telah di buat. Untuk itu, dibutuhkan strategi dan arah kebijakan yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah guna merangkul seluruh komponen masyarakat agar turut terlibat dan berpartisipasi dalam proses pembangunan,” kata Harisson.

Menurutnya, Musrenbang RKPD Kabupaten Kubu Raya ini merupakan salah satu tahapan yang sangat penting dalam proses pembangunan, karena musrenbang ini menjadi amanat undang-undang nomor 25 tahun 2024 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Untuk itu, katanya, melalui musrenbang kali ini, proses penyusunan perencanaan tidak lagi di gambarkan hanya bersifat top-down namun juga bersifat partisipatif dengan memperhatikan aspirasi dan masukan dari masyarakat.

“Dalam musrenbang ini juga akan disepakati program dan kegiatan prioritas daerah yang akan dilaksanakan oleh Kubu Raya pada tahun 2023.  Untuk itu saya berpesan agar dalam menyusun program dan kegiatan agar memperhatikan prioritas kebutuhan daerah dan diarahkan sepenuhnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kubu Raya,” kata Harisson.




Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang memperlihatkan adanya kebocoran air yang cukup deras di sebuah dinding terowongan yang diduga adalah terowongan bawah laut. Dalam unggahan video tersebut juga terdengar suara teriakan…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengambilan Bansos THR dengan KTP di ATM – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Twitter/X sebuah video memperlihatkan seseorang mengambil uang dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilengkapi narasi narasi yang mengeklaim bahwa pengambilan dana bantuan sosial…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Tentara Merah Cina Berdatangan Setiap Jam ke Indonesia Mulai 1 April 2024 – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim ratusan Tentara Merah Cina memasuki Indonesia setiap jam secara bertahap melalui suatu bandara. Unggahan video tersebut dilengkapi dengan narasi "1 April 2024 tentara-tentara…

1 hari lalu