Kabupaten Ketapang sudah lebihi target kekebalan kelompok

Kabupaten Ketapang sudah lebihi target kekebalan kelompok



Pontianak (ANTARA) – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Ketapang dr Khairul Bahri Tambunan mengatakan bahwa capaian vaksinasi COVID-19 di daerahnya telah melebihi target kekebalan kelompok sebagaimana ketentuan pemerintah.

“Capaian vaksinasi COVID- 19 di daerah kita telah melebihi ketentuan pemerintah agar terbentuknya kekebalan kelompok. Lantaran sesuai ketentuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Surat Edaran Bupati Ketapang agar capaian vaksinasi masyarakat di daerah ini sebanyak 70 persen,” ujarnya saat dihubungi di Ketapang, Kalimantan Barat,  Kamis.

Ia menyebutkan, per tanggal 24 Maret 2022 rata-rata vaksin satu dan vaksin dua totalnya 73,18 persen. Ia memaparkan untuk sasaran vaksinasi di Kabupaten Ketapang sejumlah 414.520.

“Saat ini capaian vaksinasi satu 84,72 persen dan vaksinasi dua 61,65 persen. Sehingga rata-rata totalnya 73,18 persen. Untuk itu kekebalan kelompok di Kabupaten Ketapang dengan capaian angka di atas sudah didapatkan,” jelasnya.

Ia menegaskan walaupun kekebalan kelompok capaian tersebut didapat tentunya vaksinasi terhadap masyarakat tetap harus dijalankan. Bahkan diupayakan bisa mencapai 100 persen dan paling tidak 90 persen untuk vaksin pertama dan 70 persen untuk vaksin kedua.

“Kita harapkan juga, walaupun masyarakat sudah banyak yang divaksinasi semua masyarakat tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Terutama penggunaan masker harus tetap dijalankan, mencuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun. Serta menjaga jarak dan upayakan tidak bepergian bila tidak sangat diperlukan,” imbaunya.

Untuk vaksinasi lansia di Ketapang sasarannya 32.051. Per tanggal 23 Maret 2022, lansia yang sudah divaksin satu berjumlah 16.282 atau sudah 50,80 persen. Kemudian untuk vaksinasi dua terhadap lansia berjumlah 10.505 atau sudah 32,78 persen. Selanjutnya untuk vaksinasi tiga terhadap lansia berjumlah 690 atau 2,15 persen.

“Namun terhadap capaian tersebut, data vaksinasi di Ketapang terus bergerak naik setiap hari. Lantaran setiap hari di Ketapang terus melaksanakan vaksinasi di beberapa tempat termasuk di kecamatan-kecamatan,” tuturnya.