Ini rencana pembangunan Kota Pontianak pada tahun 2023

Ini rencana pembangunan Kota Pontianak pada tahun 2023



Pontianak (ANTARA) – Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD), Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyampaikan rencana pembangunan Kota Pontianak untuk tahun 2023.

“Melalui Musrenbang ini, kita berupaya optimal untuk menyerap aspirasi masyarakat yang telah disampaikan dalam Musrenbang baik pada tingkat kelurahan, kecamatan dan gabungan forum Perangkat Daerah,” kata Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Selasa. 

Dalam Musrenbang RKPD Kota Pontianak tahun 2023, dilakukan penyelarasan program dan kegiatan perangkat daerah Kota Pontianak dengan usulan dari hasil Musrenbang Kota Pontianak, hasil Musrenbang RKPD Kota Pontianak di kecamatan, dan pokok pikiran DPRD Kota Pontianak. 

Dia menjelaskan yang menjadi landasan dalam penyusunan perencanaan tahun 2023 adalah perkembangan dan situasi makro ekonomi Kota Pontianak, yaitu meliputi Indeks Pembangunan Manusia (IPM), pertumbuhan ekonomi, angka kemiskinan, tingkat pengangguran terbuka, dan inflasi Kota Pontianak. 

Untuk tahun 2022, ada beberapa kegiatan besar dan strategis yang sedang dan akan dilaksanakan, antara lain renovasi Pasar Kapuas Indah dan Mal Pelayanan Publik, pembangunan trotoar Jalan Ahmad Yani, renovasi Tugu Khatulistiwa (lanjutan), pembangunan Jalah Dr Sudarso, Pembangunan Jalan Letkol Sugiono, penataan tepi sungai Kampung Mendawai, pembangunan Dermaga Apung Kapal Wisata, pembangunan PJU Jalan Husein Hamzah. 

Terkait dengan hal tersebut Edi memaparkan beberapa usulan untuk tahun 2023 dari sumber dana APBD provinsi yang perlu dukungan dari Gubernur Kalbar, antara lain: peningkatan kapasitas dan kualitas jalan provinsi Jalan Adisucipto), penyediaan perlengkapan jalan di jalan provinsi, penuntasan pelebaran Jalan Rais A Rahman dan Jalan Hasanudin, pembangunan gedung SMKN 8 Pontianak Utara, pembangunan SMAN di Pontianak Tenggara, pembangunan sekolah SLBN di Pontianak Barat, hibah untuk melengkapi pengadaan sarana prasarana RS, Pontianak Utara, hibah meubelair untuk SMPN 8 Pontianak.

“Dalam pelaksanaan pembangunan di Kota Pontianak selama ini, telah banyak dukungan dari pemerintah Kalbar dan pemerintah pusat terutama dari segi pendanaan maupun program kegiatan, untuk itu atas nama Pemerintah dan masyarakat Kota Pontianak, saya mengucapkan terima kasih,” ujarnya. 

Dia berharap semoga kerja sama dan bantuan yang telah ada selama ini dapat terus ditingkatkan di masa datang.