BMKG: Kalbar dalam tiga hari ke depan berpotensi hujan ringan hingga lebat

BMKG: Kalbar dalam tiga hari ke depan berpotensi hujan ringan hingga lebat



Pontianak (ANTARA) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Supadio Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, memprediksi dalam tiga hari ke depan sebagian besar wilayah Kalbar berpotensi terjadi hujan ringan hingga lebat.

“Prakiraan cuaca untuk tiga hari ke depan mulai 22 hingga 24 Maret 2022 di wilayah Kalbar akan terjadi hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang berdurasi singkat,” kata Kepala BMKG Supadio Pontianak, Nanang Buchori di Pontianak, Selasa.

BMKG Supadio mencatat suhu pada 22-23 Maret 2022 untuk Kabupaten Sambas, Sanggau, Sintang, Kapuas Hulu, Melawi, Sekadau, Mempawah, Ketapang, Bengkayang, Landak, Kayong Utara, Kubu Raya, Kota Pontianak dan Singkawang antara 23-30 derajat Celsius dengan tingkat kelembaban 75 hingga 100 persen.

“Adapun wilayah yang berpotensi terjadi hujan intensitas ringan hingga sedang pada malam sampai dini hari, yaitu di sebagian wilayah Kabupaten Sekadau, Kapuas Hulu dan Sintang,” ujarnya.

Untuk tanggal 24 hingga 25 Maret 2022, BMKG memprediksi suhu udara sekitar 23-32 derajat Celsius dengan tingkat kelembaban 60-100 persen, katanya.

“Sehingga sebagian wilayah Kalbar akan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir atau kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada sore hingga dini hari,” ujarnya.

Wilayah yang berpotensi terjadi hujan yang disertai kilat dan petir tersebut, ialah sebagian Kabupaten Sintang, Kabupaten Kapuas Hulu, Sekadau, Melawi.

“Kami mengimbau masyarakat agar tetap waspada dengan adanya potensi terjadinya hujan yang disertai petir dan kilat, salah satunya tidak berada di bawah pohon saat cuaca buruk,” katanya.