DISKOMINFO

Wabup Sanggau Dampingi Gubernur Kalbar Resmikan Listrik Delapan Desa Di Kabupaten Sanggau


//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si menyambut sekaligus mendampingi Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, SH, M.Hum dalam rangka meresmikan listrik delapan desa di Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau.

Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji katakan delapan desa yang diresmikan ini berada di Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau. Disebutkan oleh Gubernur bahwa delapan desa tersebut diantaranya; Desa Meranggau, Desa Balai Tinggi, Desa Enggadai, Desa Lalang, Desa Baru Lombak, Desa Melawi Makmur, Desa Pampang Dua dan Desa Sungai Kembayau.

“Dan ini bagian dari program PLN tahun anggaran 2021, yang dimana ada 82 desa di seluruh Kalbar yang sudah teraliri listrik. Untuk tahun 2022 ini hanya 50 desa lebih, tapi mudah-mudahan bertambah,” kata Gubernur Kalbar H. Sutarmidji saat meresmikan listrik delapan desa, bertempat di Desa Meranggau, Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau, Sabtu (19/3/2022).

Lanjut dijelaskan Gubernur Kalbar bahwa setelah 82 desa ini selesai dan kemudian ditambahkan 50 desa lagi ini masih ada 200an lebih desa di Kalbar yang belum ada listrik.

“Nah, saya berharap ini cepat bisa terealisasi, walaupun anggarannya mahal. Kalau perlu anggarannya jangan cuman 30 atau 40 miliyar, mungkin bisa 500 atau 600 miliyar dari pusat. Mudah-mudahan bisa dan saya upayakan menyurati Kementerian ESDM, DPR RI, karena ada Komisi VII orang kita di DPR RI dari Kalbar yaitu Pak Maman Abdurrahman. Nanti beliau akan memperjuangkan supaya listrik desa itu ditambah. Kemudian saya juga akan menyurati Kementerian ESDM dan PLN supaya ditambah jatah untuk Kalbar,” ujar Gubernur Kalbar.

Karena Kalbar ini, lanjut disampaikan H. Sutarmidji, bahwa perlu perhatian khusus berkaitan dengan listrik ini.

“Pertama kita bertetanggaan dengan ibu kota negara (Nusantara) yang baru, sehingga malu juga nanti dekat dengan ibu kota negara dan desanya masih banyak yang tidak berlistrik. Yang jelas memperjuangkan kepentingan daerah ini kita tidak akan berhenti dan sampai kapan pun akan kita terus perjuangkan. Karena dari APBD sendiri belum tentu mampu. Tapi kalau soal bantu untuk membayar voucer listrik kita akan bantu di masing-masing 8 desa tadi sebanyak 25 rumah, sehingga kalau delapan desa jumlahnya ada 200 rumah untuk keluarga tidak mampu bisa kita bantu dan mudah-mudahan tahun depan bertambah lagi,” ucapnya.

Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji juga berpesan kepada masyarakat yang sudah dapat menikmati listrik tersebut untuk dapat manfaatkan listrik dengan efektif dan efisien.

“Kalau sudah terang (pagi) dipadamkan, jangan dibiarkan nanti voucer listriknya habis dan kemudian jangan sambung sana sambung sini, yang dimana tadi dibilang pak Wakil Bupati Sanggau jangan colok sana colok sini. Apalagi kalau ada anak kecil tentu bahaya, kemudian jangan terlalu banyak pasang bola lampu, pasanglah seperlunya saja, karena apa?, supaya efektif dan efisien,” pesan Gubernur Kalbar.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot menyampaikan bahwa dirinya mendampingi Bapak Gubernur dalam rangka meresmikan listrik delapan desa di Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau.

“Tentu pada hari ini kita bersyukur kepada pemerintah pusat melalui Bapak Gubernur, yang dimana Bapak Gubernur ini merupakan wakil pemerintah pusat di daerah, artinya penyambung lidah kepada pemerintah pusat. Oleh karena itu, sesuai dengan visi, misi Bapak Presiden yakni Indonesia terang dan tentu sinkron dengan visi, misi kita yakni bagaimana mewujudkan Sanggau terang. Oleh karena itulah, hari ini kita bersama-sama menyaksikan peresmiannya,” ucap Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot.

Wabup Sanggau, Yohanes Ontot mengucapkan terimakasih kepada para kades yang begitu antusias dan semangat berkomunikasi dengan berbagai pihak, baik dengan Bupati, Wakil Bupati dan PLN.

“Mereka sangat luar biasa dan ini menandakan bahwa masyarakat ini sangat menginginkan atau membutuhkan penerangan (listrik). Tentu dengan diresmikannya pada hari ini kita berharap masyarakat juga harus tertib dalam menggunakan daya listrik ini,” jelasnya.

Karena bagaimanapun, lanjut dijelaskan Wakil Bupati Sanggau bahwa ini bahaya juga bagi masyarakat yang tidak berhati-hati.

“Selanjutnya juga jangan memasang asal pasang, tentu berbahaya. Kita berharap juga kepada masyarakat untuk ikut serta dalam memelihara, seperti misalnya jangan sampai ada pohon yang menyentuh kabel listrik, tentu nanti listrik otomatis akan mati,” pesannya.

Yohanes Ontot berharap kepada masyarakat agar dapat menggunakan listrik ini dengan sebaik-baiknya, efektif dan efisien mungkin, sesuai dengan pesan Bapak Gubernur.

“Selanjutnya gunakan untuk kepentingan terutama bagaimana meningkatkan kualitas anak-anak kita dapat belajar dengan baik. Tentu juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Dengan adanya listrik ini tentu masyarakat bisa berusaha, contoh misalnya menjual es atau semacamnya,” tutur Wabup Sanggau, Yohanes Ontot.

Penulis         : Alfian